Harkitnas Ke 115, Sekda Tomohon Gaungkan Perjuangan Budi Utomo

Upacara Harkitnas jajaran Pemkot Tomohon

Harkitnas Ke 115, Sekda Tomohon Gaungkan Perjuangan Budi Utomo

Tomohon, Multiverum.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tomohon, Edwin Roring, S.E., M.E. menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke- 115 Tahun 2023 Di Kota Tomohon

Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap tanggal 20 Mei ini dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, dan dihadiri Dandim 1302 Minahasa yang diwakili oleh Letnan Dua Inf. Deni Pailah, Kapolres Tomohon yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol. Nofri Maramis, S.H., S.I.K., dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Roring saat membacakan sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menjelaskan, seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. hal ini, di tandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya budi utomo pada tanggal 20 mei 1908. Sejak saat itu, gerakan perjuangan Indonesia dengan gegap gempita bergerak maju mewujudkan republik indonesia sebagai negara satu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Didirikan oleh Dr. Soetomo bersama para mahasiswa School Tot Opleiding Van Indische Arsen (STOVIA), Budi Utomo berdiri untuk mendorong bangsa indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di masa itu. di samping itu, Budi Utomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni : memerdekakan cita-cita kemanusiaan memajukan nusa dan bangsa, mewujudakan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” urainya.

Lanjutnya, masa ini, di saat kemerdekaan telah di raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak-mengobarkan api “semangat untuk bangkit” demi mewujudkan Indonesia emas 2045. Pada tanggal 5 mei 2023, badan kesehatan dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status public health of international concern (pheic) atau darurat kesehatan global untuk covid-19 secara resmi dicabut.

“Kita patut bersyukur karena dunia telah melalui krisis pandemi covid-19. selama tiga tahun terakhir, ditengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa. hal ini, menjadi momentum untuk memaknai hari kebangkitan nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi,” tuturnya.

Ditambahkannya, Hari kebangkitan nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik.

“Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia yang ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan keketuaannya dalam forum asean di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 januari 2023 yang lalu. Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” pungkas Roring.

Diketahui, peserta Upacara dihadiri seluruh PNS, Tenaga Kontrak dan Pegawai BUMD yang ada di Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *