Pemkot Tomohon Dorong para IRT Berinovasi Ciptakan Makanan Khas Daerah

Kegiatan lomba cipta menu yang digelar

Pemkot Tomohon Dorong para IRT Berinovasi Ciptakan Makanan Khas Daerah

Tomohon, Multiverum com – Pemkot Tomohon melalui Dinas Pangan Daerah menggelar Lomba Cipta Menu Antar Kelurahan se-Kota Tomohon, yang dilaksanakan di Kompleks Terminal Beriman Tomohon, pada Kamis (15/06-2023).

Kadis Pangan Kota Tomohon, Drs Novy Kaindeh MSi sebagai unsur pelaksana kegiatan mengatakan, kegiatan ini diantaranya mendorong ibu-ibu rumah tangga (IRY) untuk berinovasi menciptakan menu makanan khas daerah dengan memanfaatkan pangan lokal sesuai prinsip B2SA.

Sementara itu, Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tomohon, Dra Lilly Solang MM dalam sambutannya mengajak kita semua untuk terus berupaya mewujudkan penganekaragaman pangan melalui pemanfaatan potensi pangan lokal.
Melalui lomba kreasi cipta menu kiranya dapat memberikan semangat kepada masyarakat untuk mampu dan mau mengembangkan kreativitas serta menerapkan teknik pengolahan pangan lokal sehingga dapat menghasilkan produk pangan yang berkualitas, lebih moderen, dan dapat diterima masyarakat sebagai makanan pokok alternatif  yang mulai ditinggalkan terutama oleh generasi mudanya.

“Diharapkan menu-menu yang ada ini tidak hanya ditampilkan pada lomba cipta menu hari ini, tetapi dapat diaplikasikan pada penyajian menu di keluarga bahkan bisa menjadi produk unggul untuk menopang perekonomian Kota Tomohon,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan dilakukan penyerahan bantuan dari Pemkot berupa peralatan pertanaman, pupuk dan benih tanaman kepada lima Kelurahan peserta kegiatan lomba kampung pangan dan bantuan benih cabe rawit dari TP PKK Kota Tomohon.

Turut hadir, Dirut PD Pasar Tomohon Yanes Possumah, Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon Thirsa Roring Rawung, bersama unsur pejabat terkait.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *