Pimpin Rapat  EPRA, Lynda Watania Ingatkan Jangan Ada Keterlambatan dalam Pembangunan

Rapat EPRA yang dipimpin Sekda Minahasa

Pimpin Rapat EPRA, Lynda Watania Ingatkan Jangan Ada Keterlambatan dalam Pembangunan

Minahasa, Multiverum.com – Sekretaris Daerah Kabupaten, Minahasa Dr. Lynda Watania, MM, MSi, memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) terkait Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) sampai dengan bulan juli, di ruang sidang Kantor Bupati, Selasa (29/8/2023)

Dalam sambutannya, Sekda Lynda Watania mengatakan spirit yang diambil dalam Rapim EPRA ini sesuai tema HUT Kemerdekaan RI ke 78 Tahun 2023 dengan tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.

“Harapan saya, berdasarkan anggaran yang ada jangan sampai terjadi keterlambatan dalam pelaksanaan pembangunan yang bersifat strategis, karena sangat diperlukan masyarakat di Minahasa,” kata Sekda.

Pelaksanaan pemerintahan dearah, menurut Watania, berdasarkan UU no 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, khususnya pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara efektif, efisien, transparan, amuntabel, tertib, adil, patut, dan taat pada peraturan perundang-undangan.

“Karena hal ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran, khususnya di lembaga pemerintahan pusat maupun daerah,” ungkapnya.

Anggaran merupakan topik yang sensitif dan banyak mendapat sorotan publik, begitu juga penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi hingga akhir tahun. Selain itu, pelaksanan program dan kegiatan tidak sesuai jadwal dikarenakan banyak faktor serta kekurangan pemahaman terhadap implementasi peraturan pemerintah.

“Seluruh kendala ini, menunjukan sering kurang matangnya tahap perencanaan anggaran dan realisasi,” tegasnya.

Diingatkan Watania, pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya kepada sasaran agar memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

“Mmentum Rapim EPRA ini, saya berharap kepala OPD dapat menjadi sasaran sesuai perencanaan yang tertuang dalam dokumen anda serta menyelaraskan serapan anggaran dan pembangunan fisik yang bersumber dari APBN dan APBD sesuai Keppres no 20 Tahun 2015 tentang EPRA dan APBD,” harapnya.

Watania menambahkan seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Minahasa untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan cermat dan aktif. Tak lupa pulq menyampaikan apresiasi kepada Bagian Administrasi Pembangunan yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat penting dan strategis ini.

“Sekali lagi, saya harap beberapa hal yang sempat disampaikan ini semoga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan kita bersama demo menuju Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera sesuai visi Pemkab Minahasa,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, antara lain para Asisten, staf ahli bupati, Inspektur, para Kepala Badan/Dinas dan Satuan. Kemudian Kabag, Camat Se-Kabupaten Minahasa, serta bendahara OPD, dan Operator EPRA OPD.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *