Debit Air Berkurang Karena Kemarau, Pelanggan Diminta Manfaatkan Air PDAM dengan Bijak

Direktur Utama PDAM Kota Tomohon, Boy Adrian Ngenget

Debit Air Berkurang Karena Kemarau, Pelanggan Diminta Manfaatkan Air PDAM dengan Bijak

Tomohon, Multiverum.com – Direktur Utama PDAM Kota Tomohon, Boy Adrian Ngenget mengakui jika memasuki masa kemarau sepanjang 3 bulan berjalan, pihaknya harus memutar otak dan memaksimalkan segalanya upaya untuk memenuhi dan mendistribusikan air ke para pelanggan.

Menurutnya, di masa kemarau ini kendala saat ini yang dialami pihaknya adalah Debit air di hampir semua mata air yang di kelola PDAM berkurang. Untuk itu, strategi yg kita lakukan adalah memperbaiki dan mengoperasikan kembali Instalasi pengolahan air (IPA) di Danau Sineleyan dan Terminal yang sudah bertahun-tahun tidak digunakan untuk menambah supply/produksi air.

“Strategi berikut, kami menangkap sumber-sumber mata air baru dengan cara dilakukan pengopelan atau connect pipa-pipa baru ke pipa pipa eksisting PDAM, dan mengatur pembagian pelayanan air pada pelanggan, dibantu dengan supply air menggunakan mobil tangki PDAM,” terangnya pada media ini, Selasa (05/09-2023).

Lanjutnya, ada pun kami meminta pengertian masyarakat, dan dihimbau atau saran pada masyarakat khususnya pelanggan, agar supaya menggunakan air sehemat mungkin khususnya di musim kemarau yang panjang ini.

Hal senada diungkapkan, Pemerintah Kota melalui Sekda Kota Tomohon, Ir Edwin Roring, di mana dalam menghadapi masa kemarau panjang ini, warga bisa memanfaatkan ketersediaan air dengan bijak.

“Mari kita berhemat penggunaaan air bersih, dan dihimbau kepada kita semua agar menghindari hal-hal yang mengakibatkan kebakaran seperti penggunaan api baik di dalam rumah maupun di luar rumah, bijak dalam penggunaan air, jangan menebang pohon sembarangan dan lain sebagainya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *