Pelatihan Dasar CPNS III 2023 di Tomohon Resmi Ditutup

Pelatihan Dasar CPNS III 2023 di Tomohon Resmi Ditutup

Tomohon, Multiverum.com – Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kota Tomohon, Albert J Tulus, SH menutup Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III tahun 2023, yang dilaksanakan di Ruang CAT BKPSDM Kota Tomohon, pada Rabu (25/10/2023).

Tulus dalam sambutannya mengatakan, untuk mendapatkan ASN yang profesional dan berdedikasi, maka perlu adanya proses pembinaan secara terus menerus melalui berbagai proses pendidikan dan pelatihan serta bentuk pengembangan   kompetensi lainnya, yang dimulai sejak seseorang diangkat sebagai calon pegawai negeri  sipil. Peraturan  Pemerintah  nomor  11  tahun   2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil yang telah dirubah dengan PP nomor 17 tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil, pasal 34, menyebutkan bahwa CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 tahun, dan masa percobaan itu disebut sebagai masa prajabatan yang dilakukan melalui proses pendidikan dan pelatihan yang terintegrasi.

“Pelatihan dasar CPNS yang telah dilaksanakan selama 74 (tujuh puluh empat) hari yang lalu, merupakan implementasi dari amanat peraturan dimaksud yang tahun ini diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta, dan hanya boleh diikuti satu kali oleh setiap CPNS,” tuturnya.

Lanjutnya, selama mengikuti pelatihan dasar, yang dilaksanakan secara  distance learning dan klasikal, tentunya saudara-saudara telah dibekali dengan banyak hal baik pengetahuan maupun pembentukan karakter dari para pengajar, baik dari LAN-RI, widyaiswara maupun para pejabat pemerintahan, serta panitia penyelenggara. Dan selama 30 hari masa habituasi, saudara-saudara sudah mendapat arahan dari pimpinan, merasakan bagaimana kerja nyata seorang abdi masyarakat di perangkat daerah masing-masing.

“Diharapkan saudara-saudara dapat terus membuka dan memperluas wawasan berpikir dan bertindak, senantiasa menerapkan nilai-nilai aneka dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan sosial kemasyarakatan dengan baik, benar dan tetap berdisiplin, menunjukkan perubahan sikap perilaku, mental dan etika sebagai seorang abdi negara dan abdi masyarakat, tidak hanya selama mengikuti kegiatan latsar tetapi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari selama anda menyandang status sebagai pegawai negeri sipil,” pungkasnya.

Turut hadir mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Dayaya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Shinta Papua, ST, M. Si., Jajaran Pemkot Tomohon dan Seluruh Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kota Tomohon.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *