Stenly Wuwung Minta Hentikan Alih Fungsi Lahan Pertanian di Kota Tomohon

Stenly Wuwung

Stenly Wuwung Minta Hentikan Alih Fungsi Lahan Pertanian di Kota Tomohon

Tomohon, Multiverum.com – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tomohon, Stenly Wuwung menegaskan, pihaknya bakal segera berkoordinasi dengan pemerintah kota lewat instansi terkait, Soal maraknya alih fungsi lahan pertanian yang ada di wilayah kota Tomohon, terutama di wilayah potensi pertanian yang ada di wilayah Kayawu, Tara Tara dan Woloan.

Hal ini dijelaskannya dalam Sosialisasi Program Pembentukan Peraturan Daerah Kota Tomohon Tahun 2024, pada Selasa (14/11-2023), yang difasilitasi Sekretariat DPRD Kota Tomohon.

“Kami minta segera hentikan alih fungsi lahan pertanian yang berpotensi untuk ditanami tanaman padi dan sebagainya di wilayah tersebut. Hal ini berhubung sudah mulai maraknya lahan potensial tersebut dibangun rumah permanen,” ungkapnya.

Lanjutnya, produksi beras di wilayah kota Tomohon memang berkurang karena turunnya debit air, tetapi sebaiknya jangan dialihfungsikan dengan pembangunan rumah permanen. Untuk menangani masalah tersebut, pihaknya sementara berkoordinasi dengan instansi terkait, soal Perda. Oleh karena itu memang sangat penting karena ini menyangkut perlindungan lahan secara berkelanjutan.

“Tentu kami bersama pemerintah akan coba menerapkan aturan yang cukup bisa mengayomi semua masyarakat,” singkatnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *