Minimalisir Stunting, Pemkab Minahasa Gelar Pelayanan Kesehatan Gizi

Pelayanan Kesehatan yang digelar Dinkes Minahasa

Minimalisir Stunting, Pemkab Minahasa Gelar Pelayanan Kesehatan Gizi

Minahasa, Multiverum.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa melaksanakan kegiatan pelayanan Gizi masyarakat, berlangsung di Yama Hotel Tondano, Kamis (18/1/24).

Kegiatan dibuka Sekda Minahasa Dr Lynda Watania, MM, M.Si, sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan tersebut. Selain Sekda Kepala Dinas Kesehatan dr Olviane Rattu, M.Kes, dan Kepala Bapelitbangda Philip Siwi, SE turut memberikan materi.

Kegiatan ini merupakan program evaluasi pelayanan gizi masyarakat sejak Tahun 2023 bagi Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kabupaten Minahasa. Karena menurut Kadis Kesehatan dr Olviane Rattu, M.Kes evaluasi ini akan menjadi pembelajaran kita di Tahun 2024.

Menjadi bahan evaluasi kepada kepala-kepala Puskesmas, kita hadirkan para dokter, petugas kesehatan lingkungan, bidan, petugas gizi dan petugas promosi kesehatan. Hal ini dimaksud, agar mereka memahami cara meningkatkan pelayanan gizi terhadap masyarakat di wilayah tempat kerjanya,”kata Rattu.

Pelayanan gizi masyarakat, menurut Rattu, untuk meningkatkan mutu gizi perorangan dan masyarakat, antara lain melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi dan peningkatan akses serta mutu pelayanan gizi dan kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk menilai pelayanan gizi di masyarakat terkait intervensi dalam meminimalisir stunting. Selain para Puskesmas, kami juga menghadirkan dinas-dinas terkait seperti Kepala Bapelitbangda, KB, Dinsos, Dinas P3A, Bagian Kesra dan Satgas Stunting, untuk memaksimalkan program kami ini supaya berjalan baik,” ujarnya.

Selain itu, dijelaskan Rattu, pihaknya bukan hanya mensosialisasikan soal gizi stunting, tapi kepada ibu-ibu hamil dan temaja putri juga.

“Bagi ibu-ibu hamil akan kami berikan vitamin, dan terhadap remaja putri diberikan tablet penambah darah. Itu semua adalah penguatan kepada mereka agar tetap sehat,” tutupnya.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *