Gelar Operasi Keselamatan Samrat 2024, Ini Sasaran Polres Tomohon

Tomohon, Multiverum.com – Kapolres Tomohon, AKBP Lerry Tutu SIK MM memimpin apel gelar pasukan dalam rangka operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi “Keselamatan Samrat 2024”, pada Jumat, (01/03-2024), yang dilaksanakan di Lapangan apel Polres Tomohon.

Kapolres Tomohon menegaskan, Waktu lamanya pelaksanaan operasi ini akan dilaksanakan mulai tanggal 4 – 17 Maret 2024 dengan melibatkan 50 Personel di dukung TNI, Dishub, Pol. PP dan Dispenda Provinsi Sulut Kota Tomohon.

“Apel gelar pasukan dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan baik personel maupun sarana prasarana pendukung yang akan digunakan dalam pelaksanaan operasi, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan,” terangnya.

Lanjut Perwira yang akrab dengan awak media ini, Sasaran operasi adalah segala bentuk potensi gangguan yang dapat menyebabkan kemacetan, masyarakat yang tidak disiplin dalam berlalu lintas yang berpotensi dapat menyebabkan terjadinya laka lantas yang berakibat jatuhnya korban manusia, merugikan negara atas kerusakan infrastruktur yang ada, kendaraan yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi / brong, pengemudi R2 berboncengan lebih dari dua orang kendaraan yang tidak menggunakan TNKB.

“Dalam pelaksanaan operasi “keselamatan samrat” tahun 2024 kali ini, kami jajaran Polres Tomohon tentunya akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif secara persuasif dan humanis, dan juga kita prioritaskan pada kegiatan yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polisi lalulintas dengan kegiatan – kegiatan, diantaranya melakukan deteksi dini serta pemetaan terhadap lokasi dan kegiatan yang dapat menimbulkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas serta kecelakaan lalu lintas sebagai tindakan perwujudan dalam prediktif yang akan mampu mengantisipasi situasi yang berkembang.
Menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya para pengendara kendaraan bermotor, agar saat berkendara untuk tertib dalam berlalulintas, lengkapi kelengkapan administrasi baik pribadi maupun kendaraan, dan perhatikan keselamatan baik pribadi maupun pengguna jalan lainnya, karena harus selalu di ingat, siapapun kita, pasti keluarga kita mengharapkan agar kita pulang ke rumah dengan selamat dan dapat berkumpul bersama keluarga yang ada,” tuturnya.

Penekanan Pak Kapolres kepada Personel yang terlibat dalam operasi “Keselamatan Samrat tahun 2024, Selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan awali dengan berdoa sebelum melaksanakan tugas.

  1. Jalin kerjasama yang aktif dengan instansi terkait, karena tujuan kita adalah sama untuk melayani masyarakat.
  2. Jaga keselamatan kesatuan, keselamatan pribadi dan kehormatan institusi dalam pelaksanaan tugas
  3. Wujudkan pelayanan aparat negara yang humanis dan bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Diketahui, turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan, Korwil BIN Wilayah Tomohon Letkol laut, Achmad Virgaus, Mewakili walikota Tomohon Ass 1 Drs. O.D.S. Mandagi, Waka Polres Tomohon Kompol Parura Amping, S.Th, Mewakili Dandim 1302 Minahasa Danramil 1302-06 Tomohon Kapten Inf. Zadrack Charles Sonlay, Para Kabag Polres Tomohon, Para Kasat Polres Tomohon, para Kasi Polres Tomohon, Para Kapolsek jajaran Polres Tomohon, Para Kapolsubsektor Polres Tomohon, Kadis perhubungan Kota Tomohon Drs. Robby Kalangi, M.M, Kasat Pol. PP oKota Tomohon Ir. Toar Pandeiroth, Kepala UPT Kota Tomohon Hairul Proklaindo Wulus.(nox)

Redaksi MV: