DPRD Minahasa Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun Anggaran 2023

DPRD Minahasa Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun Anggaran 2023

Minahasa, Multiverum.com – Dipimpin oleh Ketua DPRD Glady Kandou, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2023, Selasa (26/3/24).

Di kesempatan itu, Ketua DPRD Glady Kandouw, didampingi, Wakil Ketua l Okstesi Prisilia Runtu, Wakil Ketua ll Denny Kalangi, dan Sekretaris Rianny Suwarno, dan sejumlah anggota dewan. Ia sebelumnya menyampaikan terima kasih kepada Penjabat Bupati Jemmy Kumendong, serta jajaran Pemkab Minahasa, karena telah menghadiri paripurna dalam rangka LKPKD 2023.

Sementara, Penjabat Bupati Jemmy Kumendong, mengatakan bawah paripurna ini disamping amanat undang-undang, juga merupakan momen transparan dan akuntabel menyampaikan kinerja Pemkab Minahasa tahun 2023.

“Bukan semata-mata momen yang sifatnya rutinitas, apa lagi bermakna seremoni semata. Akan tetapi merupakan agenda yang strategis untuk mengevaluasi dan memberi nilai atas karya dan kipra yang telah kita kerjakan di tahun 2023,” ucapnya.

Selanjutnya Bupati Kumendong memaparkan ringkasan LKPJ 2023.

Untuk diketahui, anggaran pendapatan setelah perubahan ditargetkan selaras Rp 1.255.663.461.685.00,- dan realisasi sebesar Rp 1.259.741.332.938,14. Selanjutnya pengelolaan belanja daerah setelah perubahan yaitu Rp 1.363.771.890.894.00. Realisasi Rp1.252.709.372.298.

Hal yang menjadi perhatian serius Pemkab Minahasa, yaitu melindungi masyarakat dari virus berbahaya. Serta menjamin masyarakat tetap memperoleh bahan pangan dan bantuan lainnya. Seperti BLT, BST, UKM, bantuan subsidi upah dan bantuan lainnya.

Kumendong juga menjelaskan bahwa capaian penyelenggaraan pemerintah daerah, sebagaimana tertuang dalam LKPJ tersebut. Merupakan hasil kerja keras dari seluruh jajaran Pemkab Minahasa. Selain itu, ada berbagai dukungan, topangan dan bantuan dari lapisan masyarakat, baik itu secara moril maupun materil.

“Yang tidak kala penting adalah dukungan dari DPRD Minahasa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dan Pemerintah Pusat, untuk mewujudkan Minahasa sejahtera dan bermartabat,” sebut Kumendong.

Dijelaskannya, Pemkab Minahasa terus berupaya untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya pada penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Melalui program-program prioritas pembangunan daerah tahun 2023 yang meliputi berbagai sektor.

“Terima kasih telah bersinergi bersama Pemkab Minahasa dalam mewujudkan kemajuan di Tanah Minahasa tercinta,” ucap Kumendong.

Dia juga mengakui bahwa penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di sepanjang tahun 2023, masih banyak kekurangan yang perlu mendapat perhatian bersama. Namun begitu, banyak juga prestasi dan kemajuan yang telah ditorehkan sepanjang tahun 2023.

Paripurna ini juga dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong, M.Si, mewakil forkopimda, para asisten, kepala dinas/badan, dan jajaran pemkab, serta insan pers. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *