Bhayangkari – Damkar Minahasa Gelar Simulasi Pencegahan Kebakaran

Bhayangkari – Damkar Minahasa Gelar Simulasi Pencegahan Kebakaran

Minahasa, Multiverum.com – Berlangsung pada hari Rabu, (8/5/24) di Mako Polres Minahasa dilaksanakan kegiatan simulasi pencegahan kebakaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kebakaran dan cara penanganannya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, di antaranya Kapolres Minahasa, AKBP Sophian, SIK, MH, Ketua Pengurus Bhayangkari Minahasa, Ny. Rosalena Rusdy, SH, Kadis Damkar Kabupaten Minahasa, Jhon Kapoh, M.Si, Kabid Sarpras Damkar Kabupaten Minahasa, Nixon Emor, PJU Polres Minahasa, personil Polres Minahasa, dan Bhayangkari Cabang Minahasa.

Dalam rangkaian kegiatan, ditekankan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan jika terjadi kebakaran, seperti penanganan kebocoran tabung gas dengan segera mencari kain basah atau menggunakan tabung pemadam api, bahkan jika tabung pemadam sudah kadaluarsa, dalam situasi tertentu masih dapat digunakan.

Selain itu, disampaikan juga bahwa terdapat dua jenis tabung pemadam yang tersedia, yaitu 3kg dan 6kg, serta pentingnya penanganan kebocoran di regulator dengan mematikan konfor gas dan memadamkan tabung terlebih dahulu.

Simulasi ini merupakan hasil kerja sama antara Bhayangkari Cabang Minahasa, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Minahasa. Simulasi pencegahan kebakaran ini tidak hanya bertujuan untuk melindungi properti, tetapi juga keselamatan masyarakat secara keseluruhan.

Diharapkan, dengan pemahaman yang lebih baik tentang cara menangani situasi darurat kebakaran, dapat mengurangi risiko kejadian kebakaran di Kabupaten Minahasa.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *