Setahun Beroperasi, Michi No Eki Pakewa, Kini jadi Salah Satu Brand Ikon Pariwisata di Kota Bunga

Vonny Pangemanan bersama jajaran Direksi di Michi No Eki Pakewa Tomohon

Setahun Beroperasi, Michi No Eki Pakewa, Kini jadi Salah Satu Brand Ikon Pariwisata di Kota Bunga

Tomohon, Multiverum.com – Tak terasa setahun sudah Michi No Eki Pakewa beroperasi dan berkarya untuk memajukan dan mengembangkan usaha hasil tani para petani, pengusaha UMKM dan pengrajin di Kota Tomohon.

Perlu diketahui, organisasi ini dibentuk pemerintah kota Tomohon bekerja sama dengan pihak negara Jepang, sebagai langkah peningkatan usaha khusus di bidang organik dan pertanian serta kerajinan antar kedua negara, yang sudah menjadi salah satu ikon brand pariwisata di Kota Tomohon.

Direktur Utama Michi No Eki Pakewa, Vonny Pangemanan menjelaskan, kerjasama antar kedua belah pihak yang terjalin ini benar-benar diharapkan akan membawa hasil yang luar biasa untuk kota Tomohon dan tentunya untuk kemajuan petani, khusus petani organik dan kerajinan tangan khas Tomohon.

“Disini kita mengolah hasil tani dan kerajinan tangan para petani dan pengusaha UMKM untuk di paket menjadi hasil yang berkualitas dan siap jual atau ekspor. Hasil tani seperti makanan, sayur, buah dan lainnya termasuk hasil kerajinan tangan di kemas secara safety dan sudah melalui hasil periksa lab dari pihak Badan Pangan Kota Tomohon, hingga benar benar menghasilkan kualitas barang yang higienis, sehat dan berdaya saing kuat dengan produk daerah lain,” ungkap pengusaha sukses ini, Sabtu (25/05-2024).

Menurutnya, tempat ini merupakan hasil bantuan kerjasama dari pihak Jepang yang menaruh perhatian khusus akan hasil bumi dari para petani dan pengrajin termasuk pengolah jenis kue dan makanan yang benar benar memiliki potensi-potensi untuk dikembangkan ke depan untuk jadi bahan ekspor.

“Selain itu, produk-produk lain UMKM apa saja yang berhubungan dengan kerajinan-kerajinan sebenarnya siapa saja diundang dan terbuka untuk datang memasukkan produk di sini. Produk-produk mereka akan kita kurasi melalui laboratorium yang ada di sini, dan jika belum ada ijin produksinya akan kita bantu dalam pengurusannya,” terang Vonny.

Lanjutnya, jadi nanti semua barang yang dipasarkan kami benar-benar sudah sesuai dengan standar yang sudah kita tetapkan karena ini adalah persiapan kita untuk benar-benar go internasional. Apalagi pihak Jepang sangat mengharapkan nanti kita harus mengirimkan produk-produk unggulan yang menjadi ciri ciri khas Kota Tomohon, untuk dipasarkan secara internasional di Michi No Eki Pakewa Jepang yang ada di Kota Minami Boso. Selain itu, tempat ini sudah menjadi tempat persinggahan wajib bagi para turis dari Jepang, Cina dan Korea termasuk dari wisatawan mancanegara lainnya yang datang langsung untuk membeli oleh oleh khas asal Tomohon.

“Untuk saat ini kami sudah mengeluarkan produk layak untuk kesehatan dengan nama Pakoba Tea Tomohon. Buah ini sangat berguna untuk kesehatan karena memiliki khasiat antioksidan tinggi, anti diabetes dan kaya vitamin C dan E. Lepas dari itu, ke depan kami akan mengembangkan produk dari buah pakoba ini menjadi Jelly, madu atau lainnya,” tukasnya.

Turut hadir dalam HUT ke 1 Michi No Eki Pakewa Tomohon, Kadis Kominfo Tomohon, Novi Politon, Kaban Pangan Kota Tomohon, Novi Kainde, Pengamat Pariwisata Sulut, Taufik Tumbelaka dan para tamu undangan lainnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *