Kunjungan Wisatawan Naik Signifikan, Tingkat Perekonomian di Kota Bunga Meningkat Drastis

Kadis Pariwisata Kota Tomohon, Judhistira Siwu

Kunjungan Wisatawan Naik Signifikan, Tingkat Perekonomian di Kota Bunga Meningkat Drastis

Tomohon, Multiverum.com – pasca sebaran virus covid 19 di tahun 2021 yang menyebabkan angka kunjungan wisatawan menurun drastis, kini destinasi wisata di Kota Bunga sudah bergairah kembali.

Bahkan, di tahun 2024 ini angka kunjungan wisatawan mancanegara dan lokal melonjak drastis, hingga meningkatkan perekonomian di Kota Tomohon.

Kadis Pariwisata Kota Tomohon, Judhistira Siwu saat dikonfirmasi media ini pun tak menampik hal tersebut. Dijelaskannya, melonjaknya kunjungan wisatawan di Kota Tomohon karena daerah kita memiliki banyak ragam destinasi wisata.

“Banyak pilihan tempat wisata yang sangat menarik wisatawan berkunjung di Kota Tomohon, karena ada hampir 100 destinasi wisata yang dikelola oleh swasta atau pribadi. Jumlah kunjungan wisatawan meningkat pesat dari tahun 2021 (pasca covid 19),” tuturnya.

Lanjutnya, Meningkatnya kunjungan wisatawan ini membuat perekonomian daerah meningkat, karena dirasakan langsung oleh para pengelola. Sebagian besar kunjungan wisatawan pada objek wisata yang tidak dipungut retribusi.

“Tak sampai 10 persen wisatawan yang masuk pada objek wisata yang ditarik retribusi, sehingga pendapatan dari wisatawan langsung dirasakan pihak pengelola. Dalam perhitungan PDRB, pariwisata adalah multisektor yang terdiri dari, akomodasi/penginapan, transportasi, pertanian dan lainnya. Dalam 3 tahun terakhir terjadi kenaikan PDRB pada sektor-sektor tersebut yang mempengaruhi, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tomohon. Dengan ini kami sampaikan, kontribusi pariwisata di Kota Tomohon sangat berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah,” ujarnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *