Caroll JA Senduk : Rancangan Teknokratik RPJMD dan Dokumen RPJPD Disusun untuk Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH, mengungkapkan, penyusunan rancangan teknokratik merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RPJMD Kota Tomohon Tahun 2025-2029 yang merupakan penjabaran periode pertama rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kota Tomohon tahun 2025-2045. Yang telah disepakati bersama dengan DPRD tanggal 5 juli 2024.

Hal ini dijelaskannya saat membuka kegiatan Pembahasan dan Kesepakatan Rancangan Teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2025-2029, pada Senin, (22/07-2024), di Michinoeki Pakewa.

“Dokumen RPJPD 2025-2045 dan Rancangan teknokratik RPJMD Kota Tomohon ini akan menjadi acuan bagi para calon kepala daerah untuk merumuskan visi, misi, dan program prioritas kepala daerah secara sistematis dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan periode pertama RPJPD, yang penekanannya pada penguatan tranformasi di berbagai sektor, diantaranya peningkatan pembangunan manusia yang berkualitas, pembanguanan ekonomi berkelanjutan pemerataan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dan berkelanjutan, serta tata kelola pemerintahan yang insklusif, adaptif dan kolaboratif,” terangnya.

Dijelaskannya, Secara faktual RPJMD menjadi instrumen dalam mengukur dan menilai keberhasilan unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Pada kesempatan ini saya memotivasi Jajaran Pemerintah Kota Tomohon untuk terus meningkatkan pelayanan dengan praktek praktek inovatif sehingga layanan pemerintahan maupun kemasyarakatan menjadi semakin baik.

“Saya ingatkan pada semua kelapa perangkat daerah bahwa saat ini pengukuran dan penghitungan indeks inovasi daerah tahun 2024 sudah dimulai dan saya berharap seluruh perangkat daerah termasuk kelurahan, puskesmas, hingga RSUD dapat berpartisipasi aktif untuk memenuhi unsur-unsur penilaian sehingga berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh bapak ibu dapat memberi sumbangan yang berarti dalam penilaian inovasi daerah Kota Tomohon,” tukasnya yang langsung menandatangani berita acara bersama seluruh kepala perangkat daerah dan Walikota Tomohon

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs Johny Runtuwene DEA, Asisten perekonomian dan pembangunan Sekda Kota Tomohon Dra Lily Solang MM, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Jacqueline Mangulu SP MSi, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(nox)

Redaksi MV: