Jokowi, Caroll dan Wenny Bakal Dianugerahi Gelar Tonaas Adat Wangko Minahasa Raya

Jokowi, Caroll dan Wenny Bakal Dianugerahi Gelar Tonaas Adat Wangko Minahasa Raya

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk SH didampingi Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut SE, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Jemmy Ringkuangan AP MSi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon, Dr Juliana D Karwur MKes MSi, melaksanakan audensi dengan Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Walikota Tomohon, pada Selasa (09/03-2021).

Rombongan MKM terdiri dari Sekretaris Umum MKM, Fanny Legoh bersama Pendeta Wowor, Pendeta Pandeiroth, Hana Mandagi, Nico Usoh dan Vany Moningka.

Sekretaris Umum MKM, Fanny Legoh menjelaskan, maksud dan tujuan dari pertemuan ini untuk mensosialisasikan dan untuk konsolidasi kelembagaan dari tingkat Kota/ Kabupaten, sampai ke etnis mengenai pembentukan Majelis Kebudayaan Minahasa.

“Kami nantinya akan melaksanakan Kongres Adat Wangko Minahasa Raya, dimana kami akan mengundang Presiden RI Joko Widodo pada kongres tersebut. Disitu nantinya akan memberikan gelar adat kehormatan kepada Presiden dan gelar adat kepada Walikota/Bupati terpilih,” terang Legoh.

Walikota Tomohon, Caroll Senduk sendiri dalam kesempatan tersebut mengatakan, Pemerintah Kota Tomohon akan mensupport penuh Majelis Kebudayaan Minahasa dan akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan Kongres Adat Wangko Minahasa nanti.

“Hal ini adalah bagian dari visi kami yaitu menjaga dan melestarikan Tomohon serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor. Pemerintah Kota sangat mendukung Kebudayaan di kota Tomohon, dan bakal menetapkan penggunaan bahasa daerah Tombulu dan pakaian Adat Minahasa setiap hari Kamis, pada satuan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di kota Tomohon,” terang Caroll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *