KPU: Media Salah Satu Stakeholder Penting Kesuksesan Pilkada

KPU: Media Salah Satu Stakeholder Penting Kesuksesan Pilkada

Tomohon, Multiverum.com —

Ketua KPU Tomohon, Haryanto Lasut menekankan, media adalah salah satu stakeholder penting guna kesuksesan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Hal ini dijelaskannya dalam kegiatan Cofe Morning bersama awak media dipandu Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, Lynvia Yinthze SL Gunde, Ketua PWI Sulut, Drs Vouke Lontaan dan Wartawan Senior, Idham Malewa SE, pada Jumat (02/10-2020).

Cofee Morning KPU Tomohon bersama para awak media

Lanjut Haryanto, media dalam hal ini menjadi pihak yang sangat berkompeten dalam menyampaikan informasi yang edukatif kepada masyarakat.

“Tanpa peran media, kinerja dan tugas KPU tak akan maksimal dan tahapan-tahapan yang dilakukan tak akan diketahui publik,” jelasnya.

Lanjutnya,  persoalan informasi merupakan bagian yang sangat penting seiring berjalannya tahapan-tahapan Pilkada di Kota Tomohon.

“Untuk mengedukasi masyarakat dan juga mengkandaskan berbagai informasi bohong atau hoaks yang sangat merugikan kita semua,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Tomohon, Stenly Kowaas SP menuturkan, kabar simpang siur atau hoaks itu diakui memang sangat menganggu. Namun, berkat adanya pemberitaan media, berita tak benar tersebut bisa diatasi.

“Didalam menjadi mitra KPU, kalangan media massa diharapkan tetap independen dalam menyampaikan pemberitaan seputar tahapan Pilkada.
Media massa harus tetap berjalan pada koridor yang sesuai dengan fungsi pers. Kepercayaan publik kepada KPU selaku penyelenggara maupun kepada para calon kuncinya adalah transparansi dari media itu sendiri,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *