Usul Senator Stefa Soal Renovasi dan Pembuatan Green House di Show Window, Disetujui Menteri Pertanian

Senator Stefa dalam rapat kerja bersama Menteri Pertanian RI.

Usul Senator Stefa Soal Renovasi dan Pembuatan Green House di Show Window, Disetujui Menteri Pertanian

Tomohon, Multiverum.com – perjuangan Senator Stefanus BAN Liow (Stefa) untuk meningkatkan kesejahteraan para petani bunga dan para penyuluh di pertanian, patut diapresiasi semua pihak. Hal ini menyusul disetujuinya usul anggota DPD RI asal Sulut ini oleh Menteri Pertanian RI, soal renovasi dan pembuatan Green House di Show Window Tomohon, dalam Rapat Kerja Komite II DPD RI dengan Menteri Pertanian RI, Selasa (13/07-2021) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Senator Stefa juga menyampaikan permasalahan, kendala dan usulan program strategis dibidang pertanian untuk Sulawesi Utara, termasuk di kabupaten/kota. Perlu adanya program ketersediaan akses dan konsumsi pangan berkualitas, program nilai tambah dan daya saing industri, program riset dan inovasi IPTEK, program pendidikan dan pelatihan vokasi.

“Secara spesifik kami meminta peningkatan pemberian insentif BOP bagi penyuluh, pelaksanaan bimtek petani dan penyuluh, karena penyuluh merupakan ujung tombak dilapangan untuk peningkatan produksi dan kesejahteraan petani,” tegas SBANL sebutan akrab lainnya bagi pelayan khusus ini.

Lanjut Stefa, untuk memenuhi kebutuhan lokal dan ekspor ke Japan dan negara lainnya, maka petani di Kota Tomohon giat melakukan budidaya bunga krisan. Oleh karena itu, kami mengusulkan dan berharap kepada Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo untuk memberikan perhatian, seperti pengadaan pembangunan laboratorium kultur jaringan bunga krisan, dimana Sulut sangat membutuhkan. Selain itu renovasi dan pembuatan green house di show window serta kebutuhan lainnya untuk budidaya dan pemasaran bunga krisan. Hal-hal tersebut merupakan aspirasi dari pemda, petani dan stakholder lainnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo merespon dengan baik dan meminta Senator Stefa segera buat surat apa yang disampaikan, nanti saya tugaskan tim atau satgas turun di lapangan. Kami kira usul sarana dan prasarana budidaya bunga krisan sangat baik.

“Mengenai penyuluh tetap menjadi perhatian, tetapi menjadi menjadi kendala pembinaan kepegawaian adalah di pemerintah daerah tetapi pihaknya tetap memberikan insentif BOP bagi penyuluh, penyelenggaraan bimtek petani dan penyuluh,” tukasnya.

Diketahui, raker dipimpin Wakil Ketua I Komite II DPD RI, Dr Ir Abudullah Puteh, MSi dan Senator SBANL alias Stefa sapaan Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Provinsi Sulawesi Utara Ir Stefanus BAN Liow, MAP.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *