Wawali Paparkan 96 Destinasi Wisata Tomohon Dihadapan BPK RI

Wakil Walikota saat menjelaskan destinasi wisata Tomohon melalui virtual.

Wawali Paparkan 96 Destinasi Wisata Tomohon Dihadapan BPK RI

Tomohon, Multiverum.com – Wakil Walikota (Wawali) Tomohon, Wenny Lumentut, SE memaparkan 96 destinasi wisata yang ada di Kota Tomohon, yang mampu membuat Tomohon menjadi salah satu Kota Pariwisata Dunia, yang dilirik para turis dalam dan luar negeri.

Hal ini dijelaskan Lumentut dihadapan pihak BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, terkait Pengelolaan atas Pengembangan dan Promosi Pariwisata di Kota Tomohon, yang
dilaksanakan secara Video Conference (Vidcon), dari Kediaman Wawali Tomohon, Kolongan, Kamis (29/07-2021).

“Sektor Pariwisata menjadi salah satu faktor penting untuk dikembangkan, sehingga dijadikan dasar dalam rumusan Misi yakni Menjadikan Tomohon sebagai kota wisata dunia yang merupakan Misi ketiga, dan kemudian secara otomatis menjadi salah satu program prioritas pembangunan, Pengembangan Pariwisata dan Kebudayaan,” jelas Lumentut.

Menurutnya, potensi Pariwisata Kota Tomohon saat ini memiliki 96 Destinasi Wisata yang terbagi atas 61 objek wisata alam, 8 objek wisata buatan dan 27 objek wisata budaya. Dari 96 Destinasi Wisata yang ada, terdapat 42 Destinasi Wisata Unggulan, yang memerlukan strategi khusus di masa pasca pandemi.
Pasca Covid-19, Negara-Negara yang bertumpu pada sektor Pariwisata akan berlomba-lomba untuk menjaring kedatangan turis dengan berbagai insentif dan program.

“Untuk itu kami akan melakukan re-orientasi Pariwisata yang berkualitas, tidak hanya mengejar jumlah kunjungan wisatawan (Mass Tourism) tetapi lebih ditekankan pada kualitas Pariwisata (Quality Tourism), yang akan menjual Pariwisata yang Aman, Sehat, Bersih dan Nyaman untuk wisatawan, serta bebas Covid-19. Kami akan memperkuat strategi Pengembangan Pariwisata dengan rumus 5 A yaitu Atraksi, Aksesbilitas, Amenitas, Akomodasi dan Aktivitas,” jelasnya.

Ditambahkannya, promosi secara gencar Destinasi Wisata dan Budaya Kota Tomohon melalui Digital Tourism yaitu Media Sosial, Website dan lainnya. Disitu akan membuat paket-paket wisata yang menarik, sesuai dengan segmen pasar, sembari menyelenggarakan kembali event-event secara rutin dan massive.
Penyelenggaraan event-event budaya lokal dengan menggerakkan masyarakat di kelurahan kelurahan, sekolah-sekolah, sanggar-sanggar dan komunitas-komunitas budaya.

“Pelatihan dan memfasilitasi pelatihan untuk pelaku ekonomi kreatif pariwisata, peningkatkan kapasitas SDM pariwisata melalui training dan pelatihan, membangun dan menciptakan beberapa destinasi baru yang dikelola oleh Pemerintah Kota Tomohon, melakukan penyesuaian Peraturan Daerah (Perda) tentang Tata Ruang Kota Tomohon, yang akan memberikan kemudahan kepada investor pariwisata, membenahi dan meningkatkan kualitas semua destinasi wisata di Kota Tomohon dalam upaya mendukung Destinasi Super Prioritas KEK Likupang Sulawesi Utara, dimana Kota Tomohon ditunjuk sebagai salah satu Daerah Penyangga KEK Likupang, serta meningkatkan sinergitas dengan melakukan koordinasi dan kolaborasi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan seluruh stakeholders pariwisata,” urai Wenny.

Diketahui, Rapat dipimpin oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara, Karyadi, S.E, dan diikuti Pemerintah Kota Manado, Minahasa Utara, dan Talaud.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *