75 Warga Tomohon Dibekali Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis SKKNI

75 Warga Tomohon Dibekali Pelatihan dan Sertifikasi Berbasis SKKNI

Tomohon, Multiverum.com – sebanyak 75 warga Tomohon lulusan SMK, D1, dan D3 diberikan Pelatihan dan Sertifikasi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), yang merupakan hasil kerjasama
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Manado, pada (31/08-2021).

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon, Dr Juliana D Karwur M Kes saat membuka kegiatan menjelaskan, di era sekarang ini kemampuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan karena memberikan manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pekerjaan.  

“Pelatihan ini sangat penting untuk menyiapkan talenta digital yang memiliki standar kompetensi sesuai dengan SKKNI. Oleh karena itu kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kominfo melalui BPSDMP Kominfo yang melaksanakan kegiatan ini, dalam rangka peningkatan keahlian bagi para lulusan kejuruan dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan skema pelatihan yang dipilih dan diperuntukkan bagi yang belum mendapatkan pekerjaan tetap atau tidak sedang bekerja,” jelas Karwur.

Sebelumnya, Kepala BPSDMP Kominfo Manado Drs Darsa Jaya Hedar MAP menjelaskan, VSGA merupakan program pelatihan pengembangan SDM yang ditujukan bagi angkatan kerja muda. Program ini bertujuan untuk menyiapkan talenta digital yang memiliki standar kompetensi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

“Apresiasi kepada Pemkot Tomohon dan berbagai pihak lainnya yang senantiasa mensuport akan kegiatan ini,” singkatnya.

Diketahui, Narasumber dalam pelatihan ini, Kadis Kominfo Kota Tomohon Novi Politon SE MM, Kadis Tenaga Kerja Kota Tomohon Sjerly Bororing SP MM SIP, Kepala Kantor Daerah Telkom Kabupaten Minahasa Djoni Tege ST, unsur BPSDMP Manado bersama unsur pengajar VSGA.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *