Peduli Masyarakat Sangihe, Senator Stefa Bekali Nelayan Cara Penanganan Ikan

Senator Stefa saat memberikan materi lewat virtual.

Peduli Masyarakat Sangihe, Senator Stefa Bekali Nelayan Cara Penanganan Ikan

Sangihe, Multiverum.com – Senator Asal Sulut, Ir Stefanus BAN Liow MAP (Stefa) membuka Pelatihan Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, pada Kamis (16/09-2021). 

              
Anggota Komite II DPD RI ini dalam kesempatan tersebut, memberikan pelatihan teknis cara penanganan ikan yang baik bagi masyarakat pelaku utama kelautan dan perikanan di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara, dengan metode blended learning melalui aplikasi zoom, dari kediamannya di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon, Kota Tomohon.


“Program ini adalah sebagai bagian tugas kami dalam perwujudan sinergitas Komite II DPD RI dengan salah satu mitranya yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yakni KKP, dalam rangka mendorong pembangunan dan perekonomian di daerah. Saya mengharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan karakter wirausahawan serta tentunya meningkatkan nilai tambah ekonomi keluarga dan kesejahteraan masyarakat ditengah pandemi Covid-19,” tegas Liow.


Lanjutnya, dalam kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan salam hormat dari Ketua DPD RI, Ir La Nyala Mahmud Mattalitti dan Ketua Komite II DPD RI, Yorrys Raweyai. 


“Diperlukan cara yang baik untuk masalah penanganan ikan yang didapatkan, karena hal ini sangat berguna dan bermanfaat produk perikanan di Indonesia, secara khusus di Sangihe,” tuturnya.


Lanjutnya Liow, secara keseluruhan jumlah masyarakat yang mengkonsumsi ikan di indonesia maupun di luar negeri terus meningkat.  Hal ini jelas karena nutrisi ikan sangat baik dan sehat bagi manusia.


“Untuk itu diperlukan penanganan khusus dalam penanganan ikan yang sudah didapat, agar ikan itu bisa terus segar dan layak dikonsumsi walau harus diekspor ke negara yang jauh. Disini kami hadir bersama pihak Kementrian Perikanan dan Kelautan untuk penanganan masalah tersebut, untuk meningkatkan taraf kehidupan nelayan,” terangnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kelauatan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ir HD Tamboto memberikan apresiasi kepada KKP dan Komite II DPD RI, atas perwujudan sinersitas diantaranya melalui pelatihan penanganan ikan hasil tangkapan yang memberikan konstribusi positif, bagi masyarakat nelayan. 


Sebelumnya, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuhan Perikanan (BPPP) Bitung Ahmad Ridloudin, ST,MP melaporkan bahwa kegiatan diselenggarakan tanggal 16-17 September 2021 diikuti 40 peserta yang tersebar di sejumlah desa/kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Deprecated: elementor/element/post/ekit_page_settings/before_section_end is deprecated since version 2.7.0! Use `elementor/element/wp-post/ekit_page_settings/before_section_end` or `elementor/element/wp-page/ekit_page_settings/before_section_end` instead. in /home/u826901478/domains/multiverum.com/public_html/wp-includes/functions.php on line 5092