Sekda Minta Koperasi Harus Mampu Berinovasi untuk Sejahterakan Anggotanya

Sekda saat membawakan sambutan dalam kegiatan tersebut

Sekda Minta Koperasi Harus Mampu Berinovasi untuk Sejahterakan Anggotanya

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, SE ME menghadiri dan membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Perkoperasian serta Kapasitas dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Koperasi Angkatan I, pada (21/10-2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menegaskan kepada tiap Koperasi melalui pengurus, pengawas, anggota dan pengelola koperasi, agar memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi, mampu melakukan inovasi-inovasi baik dalam menjalankan manajemen koperasi, maupun inovasi produk/jasa dan mampu mengubah tantangan menjadi peluang bisnis dalam pengembangan usaha koperasinya, sehingga tercapai tujuan koperasi yakni kesejahteraan anggotanya.

“Dunia usaha, terutama koperasi dan UMKM mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan. Tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian, tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk, tetapi juga menjadi momentum untuk menghadirkan visi baru di tengah perubahan sosial ekonomi yang sangat dinamis,” jelas Roring.

Lanjutnya, koperasi harus masuk pada sektor ekonomi kreatif, dimana anak-anak muda saat ini banyak terlibat dalam sektor tersebut. koperasi yang saat ini sudah aktif, baik itu koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi jasa, koperasi simpan pinjam dan sejenisnya harus berada pada kesatuan ekosistem yang terintegrasi satu sama lain.

“Saat ini sumber dan saluran pembiayaan yang ramah untuk UMKM dan koperasi tengah dibenahi dan lembaga pengelola dana bergulir (LPDB) sudah ditetapkan 100 % penyalurannya untuk koperasi dengan prosedur yang lebih mudah. Di tengah pandemi covid-19 ini koperasi bisa menjadi partner pemerintah untuk mensukseskan program pemulihan ekonomi nasional (PEN),” tuturnya.

Diketahui, para peserta yaitu pengurus/pengawas/anggota Koperasi Se- Kota Tomohon.Narasumber dari unsur Pemerintah Kota Tomohon, Balai Diklat Koperasi dan UKM Daerah Provinsi Sulawesi Utara dan Dinas Koperasi dan UKM Daerah Provinsi Sulawesi Utara, dan dihadiri Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Tomohon yang juga selaku Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi, M.A.P., dan dari Dewan Koperasi Pimpinan Daerah Kota Tomohon Tommy Mantow, SE.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Deprecated: elementor/element/post/ekit_page_settings/before_section_end is deprecated since version 2.7.0! Use `elementor/element/wp-post/ekit_page_settings/before_section_end` or `elementor/element/wp-page/ekit_page_settings/before_section_end` instead. in /home/u826901478/domains/multiverum.com/public_html/wp-includes/functions.php on line 5092