Terima Bantuan Keuangan, WL Harap Parpol Mampu Pertanggung-jawaban Penggunaan Dana

Terima Bantuan Keuangan, WL Harap Parpol Mampu Pertanggung-jawaban Penggunaan Dana

Tomohon, Multiverum.com – Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut, membuka Kegiatan Sosialisasi Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik, yang dilaksanakan di Aula Kesbangpol Tomohon, pada Senin (15/11-2021).


Wakil Walikota Tomohon mengatakan,  ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mewujudkan tertib pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik kini dan masa mendatang. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 mengamanatkan bahwa, negara menjamin kemerdekaan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat sebagai hak asasi manusia yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan kehidupan kebangsaan yang kuat dalam negara kesatuan republik indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, demokratis dan berdasarkan hukum. 


“Salah satu hak partai politik terkait dengan keuangan adalah memperoleh bantuan keuangan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujar WL sapaan pendeknya.


Lanjutnya, disisi lain partai politik mempunyai kewajiban antara lain,membuat pembukuan, memelihara daftar penyumbang dan jumlah sumbangan yang diterima, terbuka kepada masyarakat, serta menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangan yang bersumber dari APBD secara berkala 1 (satu) tahun sekali, kepada pemerintah setelah diaudit oleh badan pemeriksa keuangan.


“Ini sebagaimana peraturan perundang-undangan yang menjadi acuan bantuan keuangan kepada partai politik, dan pedoman tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD, pengajuan, penyaluran dan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan yaitu undang-undang nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik dan peraturan pemerintah nomor 5 tahun 2009 sebagaimana telah diubah dengan peraturan pemerintah nomor 1 tahun 2018,” tuturnya.


Hadir juga Anggota DPRD Kota Tomohon Ferdinand Mono Turang, S.Sos., Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon Ronni Lumowa, S.Sos., M.Si. dan Tim Verifikasi Bantuan Keuangan Partai Politik.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Deprecated: elementor/element/post/ekit_page_settings/before_section_end is deprecated since version 2.7.0! Use `elementor/element/wp-post/ekit_page_settings/before_section_end` or `elementor/element/wp-page/ekit_page_settings/before_section_end` instead. in /home/u826901478/domains/multiverum.com/public_html/wp-includes/functions.php on line 5092