Peduli Kelestarian Alam, Senator Ini Gandeng Koptan dan Mahasiswa Tanam Pohon di Tampusu

Senator SBANL saat melakukan penanaman pohon bersama Kelompok Tani dan Mahasiswa Unima

Peduli Kelestarian Alam, Senator Ini Gandeng Koptan dan Mahasiswa Tanam Pohon di Tampusu

Tomohon, Multiverum.com – Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP bersama Kelompok Tani melakukan penanaman pohon di gunung Tampusu, pada Jymat (06/05-2022).

Anggota Komite II DPD RI ini bersama Pengurus dan Anggota Kelompok Tani Hutan Gunung Tampusu Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan Kota Tomohon, serta Mahasiswa KKN Unima Tondano melakukan kegiatan penghijauan/reboisasi diseputaran Gunung Tampusu.

Senator Stefa, sapaan akrabnya berbaur langsung dengan kelompok tani dan mahasiswa dengan melakukan penanaman bibit pohon seho, kayu nantu, kayu cempaka, pakoba dan buah-buahan sekitar 5.000 anakan, yang diberikan Dinas Kehutanan Daerah Sulut dan BPDAS Tondano. Penanaman yang dilakukan secara mandiri berlangsung Jumat (6/5) mulai Jam 08.00 Wita.

“Hutan berperan penting dalam menjalankan fungsi ekologi. Indonesia merupakan salah satu hutan tropis terluas di dunia, sehingga sektor kehutanan perlu dijaga dan dimaksimalkan bersama. Apalagi di gunung ini ada hewan yang mulai langka yakni kuskus, kuseh, tarsius dan berbagai jenis burung,” tandasnya yang pernah menjadi Ketua Generasi Muda Pencinta Alam (Gemupa) Rumoong bawah Amurang Tahun 1986 dan Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) ITM, Tahun 1990-1992.

Lanjutnya, sektor kehutanan mempunyai keterkaitan yang erat dengan isu lingkungan. Sudah menjadi tugas bersama penyelenggara negara, seluruh komponen bangsa dan elemen masyarakat untuk melestarikan hutan, tanah dan air demi keseimbangan ekosistim lingkungan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Hutan Gunung Tampusu Kelurahan Pangolombian, Raymond Pogalin didampingi Wakil Ketua, Feky Umboh dan Charles Kalensun, Sekretaris, Demsy Kaunang dan Kordinator Mahasiswa KKN Unima Tondano Posko Kelurahan Pangolombian, Misel Lasut memberikan apresiasi kepada Senator Stefa atas motivasi yang bukan sekedar memberikan wawasan dan pemahaman pentingnya kelestarian hutan, tanah dan air, tetapi justru terjun langsung bersama mereka melakukan penanaman bibit pohon kayu dan buah di gunung Tampusu dan sekitarnya.

Ketua Kelompok Tani Hutan Tampusu Raymon Pogalin dam Lurah Pangolombian, Jootje Sarese pun mengungkapkan puji syukur karena penanaman pertama tahun 2021 bersama Senator Stefa, kelompok tani dan Pemuda GMIM Jemaat Nafiri Pangolombian pada umumnya bertumbuh.

Wakil Ketua I dan Sekretaris kelompok Feky Umboh dan Demsy Kaunang didampingi Komandan Panji Yosua P/KB GMIM Jemaat Nafiri Pangolombian Noldy Sampuk menambahkan, lanjutan penanaman bersama pemuda diagendakan bulan Agustus 2022 bersamaan momentum perayaan kemerdekaan RI.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *