Senator SBANL Beri Pemahaman Soal Politik dan Ekonomi dalam Pelayanan Gereja ke Pelsus Wilayah Mapanget Dua

Senator SBANL saat membawakan materi ke Pelsus di Mapanget Dua

Senator SBANL Beri Pemahaman Soal Politik dan Ekonomi dalam Pelayanan Gereja ke Pelsus Wilayah Mapanget Dua

Tomohon, Multiverum.com – Ir Stefanus BAN Liow MAP, (SBANL) tampil menjadi pemateri dalam kegiatan Katekisasi Tahap III Pelayan Khusus GMIM se Wilayah Mapanget Dua, di Jemaat Bukit Sion Mapanget, pada Sabtu (21/05-2022).

Dalam kesempatan tersebut, Senator kebanggaan warga Sulut ini menekankan soal Politik, ekonomi dan lingkungan hidup adalah bagian dari tanggungjawab pelayanan dan penata-layanan gereja ditengah-tengah dunia.

“Pelayanan gereja dalam menatalayani segala sumber daya dan dana secara baik, tertib, teratur dan bertanggungjawab. Selain teologis tetapi juga pengelolaan sumber daya dan dana adalah aspek penting dan strategis untuk mencapai kemandirian atau kedewasaan gereja,” terang anggota DPD RI/MPR RI Dapil Sulut yang pernah menjabat Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2014-2018 dan saat ini Penasehat P/KB Sinode GMIM Periode 2022-2027 ini.

Dijelaskannya, penatalayanan yang baik, tertib dan teratur menjadi tanggungjawab gereja, termasuk Diaken, Penatua, Guru Agama dan Pendeta. Penatalayanan adalah mulai dari membuat perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan evaluasi (pelaporan) sesuai dengan Alkitab dan komitmen pelayanan gereja.

“Mengidentifilasi masalah lingkungan hidup dan penyebabnya, hubungan antara gereja, ekonomi dan etos kerja, stigmatisasi dan problematika dalam politik disertai peran dan tanggungjawab gereja, didalamnya keterpanggilan Pelsus,” ungkap Senator yang dalam materinya dipandu Ketua BPMW Mapanget Dua, Pdt Aneke Mamesah.

Sejumlah peserta kegiatan seperti Pnt Willem Mononimbar, SH dan Pnt Danny Kumayas, S.Sos pun memberikan apresiasi dan respon positif atas pencerahan materi yang terbilang aktualisasi dan konstekstual dari Senator Stefanus Liow.

Bahkan Pnt Danny Kumayas yang adalah pensiunan birokrat dan mantan aktivid secara terbuka memberikan testimoni, bahwa sesungguhnya Senator Stefa telah dan sementara melaksanakannya dengan gagasan dan program nyata. Dalam kepemimpinannya sebagai Komisi P/KB Sinode GMIM dan saat ini Anggota DPD RI/MPR RI, Senator Stefa menjabarkan kegiatan dibidang lingkungan hidup, ekonomi, pendidikan politik dengan menjalin/membangun sinergitas berbagai stakeholder.

Diketahui, selain Senator Stefanus Liow, tampil juga sebagai pemateri adalah Wakil Ketua BPMS GMIM Bidang Ajaran dan Tata Gereja Pdt. Dr. Djolly Sondakh, M.PdK (Manajemen dan Kepemimpinan Gereja, dan Berkhotbah), Korbid Penggembalaan Sinode GMIM Pdt. Welly Pondaag, STh (Penggembalaan).

Sementara itu, Ketua BPMW Mapanget Dua Pdt Aneke Mamesah, STh mengucapkan puji syukur kepada Tuhan karena kegiatan Katekisasi Tahap III berlangsung dengan segala baik disertai ucapan terima kasih atas materi dari Pdt Dr. Djolly Sondakh, M.PdK, Pdt Welly Pondaag, STh dan Ir. Stefanus BAN Liow, MAP.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *