LO Punya Peranan Penting di HPI dalam Pelaksanaan Kegiatan Akbar

Para peserta saat mengikuti seminar

LO Punya Peranan Penting di HPI dalam Pelaksanaan Kegiatan Akbar

Tomohon, Multiverum.com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, S.E, M.E yang juga selaku Ketua harian Panitia TIFF 2022 menghadiri Hospitality Training and Seminar, yang dilaksanakan di Emera Hills. Pada Jumat, (22/07/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota menuturkan, seminar ini menyangkut keprotokolan yang adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi, yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat.

“Dalam dunia keprotokolan terdapat satu tugas yang disebut dengan LO singkatan dari Liaison Officer.
LO sebagai seorang penghubung atau pendamping antara peserta dengan pihak penyelenggara. meskipun bukan yang paling inti dari struktur organisasi, tetapi lo memiliki peran yang cukup menonjol hampir sama seperti peran seorang pemandu wisata yang bernaung dalam wadah Himpunan Pemanduwisata Indonesia (HPI),” tegasnya.

Dijelaskannya, dalam sebuah struktur organisasi dan kegiatan kepariwisataan, baik atau tidak tergantung dari LO dan guide nya.
Sehingga tujuan kegiatan ini nantinya akan, menumbuhkan jiwa LO dan guide dalam diri anggota divisi, Meningkatkan kualitas anggota serta mengarahkan anggota divisi dalam bertugas yang baik dan benar. melalui pelatihan hari ini, para peserta bisa mendapatkan ilmu yang berguna bagi kita semua dan dapat diimplementasikan pada event TIFF di bulan depan Agustus 2022 serta untuk pengembangan kapasitas individu maupun kelompok ke depan.

“Kami Pemerintah Kota Tomohon mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada para Narasumber dan panitia pelaksana kegiatan ini. Semoga dengan adanya pelatihan dan seminar ini para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga memberi manfaat besar bagi pengembangan kompetensi dan keterampilan dalam melayani para Tamu dan Wisatawan.
Pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Kota Tomohon membuka Kegiatan itu dengan resmi,” harap Sekda.

Diketahui, yang menjadi Narasumber yakni Direktur Restrukturisasi Bisnis Jiwasraya, Fabiola Sondakh.

Diikuti juga oleh Ketua Umum Panitia TIFF 2022 Vonny Pangemanan, Sekretaris BKPSDM Eden Kawung, S. SoS, MM, SIP, Ketua HPI Tomohon Nancy Mawikere, para Liaison Officer (LO), Driver dan para Guide yang hadir.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *