Pemkab Minahasa Gelar Musrenbang Untuk Pembangunan Tahun 2024

Pelaksanaan Musrenbang di Kabupaten Minahasa

Pemkab Minahasa Gelar Musrenbang Untuk Pembangunan Tahun 2024

Minahasa, Multiverum.com – Pemerintah kabupaten Minahasa menggelar agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kabupaten Minahasa tahun 2024.

Adapun tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD adalah,
Untuk menampung berbagai masukan dan usulan dari Stakeholders dalam rangka penajaman, penyelarasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2024, untuk selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan KUA/PPAS dan RAPBD Kabupaten Minahasa Tahun 2024.

Tema Kegiatan RKPD kabupaten minahasa tahun 2024, yakni “meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, perluasan akses pelayanan dasar, serta suksesnya pemilu”.

Dalam sambutan Bupati Minahasa menjelaskan, perwujudan pembangunan sesuai dengan tema RKPD tahun 2024, telah ditetapkan prioritas pembangunan, yaitu
-peningkatan kualitas sdm minahasa,
peningkatan daya saing perekonomian minahasa, peningkatan tata kelola pemerintahan dan -pelayanan publik yang baik dan bersih; peningkatan pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan stabilitas kehidupan masyarakat yang aman dan damai.

“melalui pelaksanaan musrenbang ini diharapkan dapat menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2024,” Jelasnya.

Adapun tahapan tahapan yang telah dilaksanakan dalam
Penyusunan RKPD Tahun 2024:Musrenbang Desa/Kelurahan dilaksanakan pada bulan
Desember 2022 sampai dengan Januari 2023 seperti orientasi Penyusunan RKPD dilaksanakan pada
12 Desember 2022 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa, Musrenbang Kecamatan dilaksanakan pada tgl 2 – 24 Februari 2023 bertempat di Kecamatan se-Kabupaten Minahasa, Forum Konsultasi Publik dilaksanakan pada 14 Maret 2023
bertempat di Ruang Sidang Sekretariat Daerah Kabupaten
Minahasa, dan Forum Perangkat Daerah dilaksanakan pada 21 Maret 2023 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Minahasa, Forkopimda Kabupaten Minahasa,
Ketua DPRD Kabupaten Minahasa, Wakil Ketua Dan Ketua-Ketua Komisi DPRD, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Kepala Instansi Vertikal Di Kab. Minahasa, Tenaga Ahli Dan Narasumber, Perwakilan Perempuan/Lembaga Swadaya Masyarakat/Ormas/Tokoh Mayarakat/Akademisi/Asosiasi Profesi/Perbankan. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *