Desa Kamanga Dua Bangun Saluran Irigasi

Pembangunan saluran irigasi di Kamanga Dua Tompaso

Desa Kamanga Dua Bangun Saluran Irigasi

Tompaso, Multiverum.com – Pemerintah Desa Kamanga Dua Kecamatan Tompaso melaksanakan Pembangunan Ketahanan Pangan Pembuatan Saluran Irigasi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memperluas lahan sawah untuk meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Pembangunan Saluran irigasi tersebut sekaligus sebagai program lanjutan Pemerintah Desa.

“Panjang Saluran Irigasi yang akan dibangun untuk tahun ini adalah 221 m. Selanjutnya, kegiatan tersebut direncanakan akan diselesaikan dengan waktu 60 hari, diharapkan tuntas tepat waktu,” kata Hukum Tua, Lanni F Mamesah, ST, dalam wawancara saat memantau pelaksanaan pekerjaan Pembangunan Saluran Irigasi, Selasa (25/4/23).

Lanjut Mamesah, jika keseluruhannya selesai dibangun, saluran irigasi yang ada di desa Kamanga Dua ini dapat membantu persawahan yang ada. diharapkan bisa menghasilkan panen yang baik di musim panen. Untuk itu, Hukum Tua berharap “Semoga dengan pembangunan saluran irigasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama persawahan yang dilewati saluran irigasi,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Tompaso, Stenly David Umboh, SSTP, MAP, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Kamanga Dua atas pembangunan saluran irigasi. Menurutnya, pembangunan tersebut sangat penting, terlebih jika dikaitkan dengan kondisi Kecamatan Tompaso yang mengalami penurunan debit mata air. Di samping itu, kondisi saat ini juga dihadapkan berpotensi mengganggu ketersediaan pangan.

“Oleh karena itu, pembangunan saluran irigasi baru serta pembukaan lahan baru yang produktif dengan pengairan teknis menjadi sangat penting untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan agar masyarakat kita tidak terancam oleh bayang-bayang krisis pangan,” tegasnya.

Dirinya juga berharap agar para pemangku setempat dapat memaksimalkan ketersediaan saluran irigasi. “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi rakyat di desa. Sehingga rakyat semakin percaya kepada sosok pemimpin yang mengedepankan Kepentingan Rakyat,” tutupnya

Untuk di ketahui, Ketahanan Pangan Pembuatan Saluran Irigasi ini bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun anggaran 2023, Rp. 367.568.500,- dengan pelaksana kegiatan Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa(PPKD)Desa Kamanga Dua. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *