Irup Hardiknas 2023, Walikota Tomohon Minta Teruskan Perwujudan Merdeka Belajar dan Mendidik Pelajar Pancasila

Irup Hardiknas 2023, Walikota Tomohon Minta Teruskan Perwujudan Merdeka Belajar dan Mendidik Pelajar Pancasila

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, SH menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 di Kota Tomohon, yang digelar di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Kamis (04/05/2023).

Dalam sambutannya, Walikota Tomohon membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, di mana selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan. Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” tegasnya.

Lanjutnya, hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap langkah berani yang sudah diambil.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, Mendidik Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. Selamat Hari Pendidikan Nasional,” pungkasnya

Diketahui, usai upacara dilanjutkan kegiatan Launching Program Sahabat Hebat Kurikulum Merdeka oleh Walikota Tomohon yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Erenst Janes Ulaen, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E., Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ibu drg. Jeand’arc Senduk-Karundeng, Mewakili Dandim 1302 Minahasa Danramil Tomohon Kapten Armed Carles Sonlay, Kepala BPMP Sulut Febry Dien, S.T., M.Inf.Tech., Anggota DPRD Kota Tomohon Noldy Lengkong, Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Ibu Nova Maleke, Mewakili Kepala LPKA Stevi Rau, Para Staf Khusus Walikota Tomohon, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, Para Kepala SD dan SMP, Para Guru dan Para Siswa.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *