Semarak HKG PKK ke – 51 TP PKK Provinsi yang Digelar di  Minahasa

Suasana pelaksanaan HKG TP PKK Provinsi di Minahasa

Semarak HKG PKK ke – 51 TP PKK Provinsi yang Digelar di Minahasa

Minahasa, Multiverum.com – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sulawesi Utara menggelar peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-51, di Gedung Wale Ne Tou Tondano, Rabu (3/5/2023).

Kemeriahan HKG PKK ke-51 ini mendapat perhatian penuh selain Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring, M.Si dan Wakil Bupati DR Hc Robby Dondokambey, S.Si, MM, MAP, bersama Sekda Dr. Lynda D. Watania MM, MS dihadiri langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Steven Kandouw bersama Sekprov Steve Kepel ST, MSI.

Hadir pula Rita Dondokambey-Tamuntuan selaku ketua TP-PKK Sulut dan Sektaris PKK Dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos.

Adapun tema yaitu “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh”.

Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring, M.Si menyampaikan terima kasih karena HKG ke-51 TP PKK Provinsi dilaksanakan di Kabupaten Minahasa.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas diselenggarakan HKG ke 51 di sini,” ucapnya.

Di sampaikan selanjutnya sejarah berdirinya PKK oleh Ketua TP PKK Minahasa Dra. Fenny Roring Lumanauw, SIP. PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat bermula dari Seminar Home Economic di Bogor pada tahun 1957.

Hal itu menghasilkan rumusan 10 Segi Kehidupan Keluarga, ditindaklanjuti oleh Kementrian Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan pada tahun 1961 yang menetapkan 10 Segi Kehidupan Keluarga sebagai Kurikulum Pendidikan
Kesejahteraan Keluarga yang diajarkan di sekolah-sekolah.

Pada bulan Mei tahun 1962, di Desa Salaman Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, didirikan Pusat Latihan Pendidikan Masyarakat (PLPM) untuk menyebarluaskan 10 Segi Kehidupan Keluarga. Sekitar tahun 1967 kehidupan sebagian masyarakat Jawa Tengah sangat menyedihkan, khususnya di daerah Dieng Kabupaten Wonosobo
diantara mereka banyak yang menderita Honger Odeem (HO).

Begitu selanjutnya awal berdiri PKK hingga tahun 1982, Tim Penggerak PKK Pusat dibentuk dan dipimpin oleh Ibu Amir Mahmud, istri Menteri Dalam Negeri saat itu.

Sementara itu, sambutan Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Tamuntuan, didampingi Sekretaris dr. Kartika Devi Tanos, terlebih dahulu berucap terima kasih karena acara ini di selenggarakan di Minahasa.

“Setiap tahun dilaksanakan HKG PKK. Dan tahun ini dilaksanakan di Minahasa, tentunya kita mengucap syukur dan berterima kasih, karena Pemkab Minahasa telah menyiapkan segala sesuatu untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan PKK Provinsi Sulut ini,” kata Tamuntuan.

Sebagaimana layaknya peringatan suatu Ulang Tahun, menurut Tamuntuan, lewat momentum peringatan HKG PKK Ke-51 Tahun 2023 ini, sangat mengharapkan agar rangkaian peringatan semacam ini, bukan semata-mata kegiatan rutin tahunan saja, dan bukan merupakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, setelah itu tidak ada lagi gaungnya.

“Saya harapkan, kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati HKG PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK,” jelasnya.

Semangat yang menggelora itu senantiasa harus menjadi energi untuk bergerak bersama. Atas dasar itulah, maka Tema HKG PKK Ke-51 Tahun 2023 ini adalah “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh”. Sehingga Tema ini mengandung makna yang sangat mendasar di era ini, yaitu kebersamaan dan keterpaduan yang harus kita curahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan.

“Niscaya bilamana tekad dan kemauan untuk bergerak bersama dapat dilaksanakan, maka diharapkan dapat kita wujudkan Indonesia tumbuh yang pada akhirnya Indonesia maju,” ungkap Tamuntuan.

Lanjut Tamuntuan, menghadapi dinamika pembangunan sebagaimana yang kita alami saat ini, maka sungguh sangat berharap agar kita sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK, tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian kita selaku relawan, yang senantiasa bersikap rendah hati, namun tidak rendah diri.

“Karena rendah hati adalah landasan yang kokoh dari semua kebajikan. Untuk itu, gelorakan terus semangat kebersamaan demi bergerak bersama bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan kita. Karena kebajikan itu, hakekatnya adalah perbuatan kita, kesadaran dan tenggang rasa terhadap orang lain dan lingkungan kita yang secara kolektif hidup di negara Indonesia tercinta ini,” harapnya.
 
Saya ingin mengingatkan dimana hidup pada era demokrasi, yang secara bersamaan diiringi juga dengan arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi.
Kondisi seperti ini, harus dapat kita jaga sepenuhnya dengan cara merawat situasi yang kondusif di dalam keluarga, maupun antar umat.

Segenap jajaran Tim Penggerak PKK perlu menjaga suasana kebersamaan dan kegotongroyongan, agar agenda kerja pemerintah melaui sejumlah program pembangunannya, dapat tercapai,” tandasnya.

Disamping itu, Gubernur Olly Dondokambey, menyampaikan banyak selamat atas suksesnya acara HKG PKK ke- 51 yang dipusatkan di Kabupaten Minahasa.

“Banyak selamat atas terselenggaranya kegiatan HKG PKK ke 51 ini. Tentu kegiatan ini boleh berjalan dengan baik atas tuntunan maha besar Tuhan,” kata Gubernur.

Lanjutnya, peran Ibu-Ibu sangat sentral dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ibu-ibu tentu adalah harapan masyarakat dan rumah tangga. Jadi kalau ibu- ibu PKK aktif, Sulawesi Utara tentu akan maju dan tambah hebat,” ungkapnya.

Gubernur juga menyampaikan kalau Indeks Pembangunanan Manusia (IPM) Sulut saat ini terus membaik dan bergerak naik. Keberhasilan ini juga berkat peran dari ibu-ibu dengan mampu membuat angka stunting menurun.

” Peran para ibu sangat penting sehingga beberapa tahun terakhir IPM Sulut terus naik, banyak perubahan di Sulut karena peran mereka,” tutupnya.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *