Buka Rangkaian TIFF 2023, Sandiaga Uno Awali dengan Salam “Tabea” Torang Samua Basudara

Sandiaga Uno saat memukul tetengkoren didampingi Walikota Tomohon dan Wakil Walikota Tomohon

Buka Rangkaian TIFF 2023, Sandiaga Uno Awali dengan Salam “Tabea” Torang Samua Basudara

Tomohon, Multiverum.com – Menteri Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno membuka secara resmi rangkaian kegiatan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2023, dalam kegiatan Panggung Rakyat Tomohon, yang dilaksanakan di Terminal Beriman Tomohon, pada Selasa (08-08/2023).

Menariknya, dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno dalam sambutannya mengawali dengan salam Tabea (Salam Warga Suku Minahasa) yang dilanjutkan dengan salam Torang Samua Basudara, kepada ribuan warga Tomohon yang turut hadir dan memadati kegiatan tersebut.

“Tabea, Torang Samua Basudara. Apa kabar semuanya warga Kota Tomohon yang ramah tamah semuanya,” ungkapnya yang langsung disambut tepuk tangan warga yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengaku bangga bisa hadir dan membuka rangkaian kegiatan bertaraf internasional ini. Orang Tomohon harus bangga kalau punya kegiatan hebat seperti ini, karena kami mewakili pemerintah pusat sangat bangga dengan adanya TIFF yang dilaksanakan tiap tahun ini.

“TIFF dan tempat pariwisata yang ada di Kota Tomohon kini jadi salah satu destinasi yg paling unggul dalam hal budaya. Anda semua wajib tau jika
TIFF tidak kalah dengan Iven parade bunga yang dilaksanakan di Pasadena. Untuk itu kita harus saling mendukung dan mari kita jadikan TIFF ini mendunia,” ujarnya.

Tambahnya, kita wajib bangga karena berwisata di Indonesia dengan target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru kita juga ingin mendorong 8,5 juta kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara. Oleh karena itu saya ingin dari lubuk hati yang paling dalam menyampaikan pesan dari pemerintah pusat dari Jakarta khususnya dari presiden Jokowi, selamat untuk kota Tomohon dan mari terus kita tingkatkan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH dalam sambutannya menjelaskan, TIFF merupakan atraksi wisata yang menarik serta didukung keunikan tradisi budaya dan kearifan lokal yang mengakar dalam masyarakat. Sehingga kegiatannya akan memperkuat sebagai pembangunan yaitu ekonomi masyarakat dan lingkungan melalui pelaksanaan event memohon internal festival tahun 2003 yang masuk dalam 110 kharisma event nusantara di Indonesia.

“Maka sektor pariwisata akan terus menggairahkan perekonomian memperluas usaha kreatif dan menciptakan lapangan kerja yang adalah sebuah pencapaian yang diharapkan. Selaku pemerintah daerah tentu akan mendukung program kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif Republik Indonesia yang akan mencanangkan penciptaan lapangan kerja pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2024,” tegasnya.

Lanjutnya, kami sampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar besarnya kepada Menteri Pariwisata Republik Indonesia bapak Sandiaga Uno yang sudah membuka rangkaian kegiatan TIFF 2023 ini.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *