Pemilu di Tomohon Ricuh, Kapolres Lerry Tutu : Tindak Tegas Siapapun yang Hendak Mengganggu Pemilu

Kerumunan massa yang ricuh menyerang aparat kepolisian

Pemilu di Tomohon Ricuh, Kapolres Lerry Tutu : Tindak Tegas Siapapun yang Hendak Mengganggu Pemilu

Tomohon, Multiverum.com – Pemilihan legislatif dalam pemilu serentak di Kota Tomohon berlangsung ricuh. Hal ini setelah adanya saksi dari partai yang tak menerima jika perolehan suaranya tak sesuai dengan data yang dimiliki olehnya. Saksi tersebut pun langsung meminta ratusan pendukungnya untuk menuju KPU Tomohon, dan membuat kericuhan serta kegaduhan.

Melihat sejumlah massa sudah tak bisa di tenangkan dan mulai bertindak anarkis, Kapolres Tomohon, AKBP Lerry Tutu SIK MM langsung meminta jajarannya untuk menindak tegas siapapun yang hendak mengacaukan atau mengganggu pelaksanaan pemilu serentak 2024.

Itulah hasil pelaksanaan simulasi untuk penanganan gangguan pelaksanaan pemilu, dalam Simulasi Sispamkota dalam rangka Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024 Polres Tomohon, pada Jumat (22/09-2023).

Walikota, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Tomohon turut hadir bersama

“Kepada seluruh personil saya tegaskan jangan biarkan tindak apapun atau segala pelanggaran yang berhubungan untuk mengacaukan pemilu. Jangan ragu-ragu saya akan bertanggung jawab atas setiap tindakan rekan-rekan personel dalam mengamankan jalannya pemilu sepanjang kegiatan dan tindakan itu tentunya sesuai dengan aturan dan SOP,” tegasnya.

Lanjutnya, dalam pemilu nanti masyarakat akan menghasilkan wakil rakyat juga pemerintah negara yang demokratis berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945. Pemilihan umum sebagai sistem ketatanegaraan yang demokratis dan berintegritas harus terjamin.

Kapolres saat menandatangani kampanye damai

“Pemilu legislatif untuk memilih wakil rakyat yang akan duduk di kursi legislatif, pemilu presiden untuk memilih pemimpin negara yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi maju dan sejahtera. Untuk itu, kita harus dapat memilih calon legislatif dan calon pemimpin bangsa yang cerdas. Kita juga harus tahu bahwa kita semua ini adalah saudara Indonesia untuk itu pemilu jangan memecah belah kesatuan bangsa ini, jangan karena pesta demokrasi kita saling merugikan saudara atau menyebar hoax di antara kita,” harapnya.

Ditambahkannya, dalam pemilu nanti kami akan berkoordinasi bersama pemerintah kota, aparat TNI termasuk pihak KPU dan Bawaslu. Untuk itu kami mengapresiasi atas dukungan semua pihak, untuk kelancaran pagelaran simulasi ini.

“Perlu diketahui, tentunya kami akan mendapat backup personil dari Polda Sulawesi Utara termasuk Brimob dalam pengawalan TPS. Nanti kami akan membagi kategori pengamanan TPS menjadi kurang rawan, rawan dan sangat rawan serta kategori khusus yang nanti akan di berlaku di lapas dan di TPS. Akan ada tim patroli secara khusus yang melakukan pemantauan dan backup apabila ada instalasi meningkat pada saat proses pemungutan di TPS. Untuk itu,  dalam kegiatan ini tentunya adalah bukti keseriusan kita dan juga merupakan langkah awal kita bersama dalam memastikan pemilu 2024 ini akan berlangsung dengan aman tertib dan damai. Mari kita jadikan ini sebagai momentum bahwa kita bersatu demi kepentingan yang lebih besar yaitu kemajuan bangsa ini,” urainya.
Diketahui, turut hadir Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH, Wakapolres Tomohon, Kompol Parura Amping, Kajari Tomohon, Dandim Tomohon dan seluruh perwakilan partai yang mengikuti pemilu.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *