Jemmy Kumendong Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Minahasa, Jemmy Kumendong

Jemmy Kumendong Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Minahasa, Multiverum.com – Peringati Hari Kesaktian Pancasila dalam rangka mengenang peristiwa Gerakan 30 September PKI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dibawah Penjabat (Pj) Bupati Dr Jemmy Kumendong, M.Si melaksanakan upacara bendera, di halaman kantor bupati, Senin (2/10/2023)

Selain memperingati Hari Kesaktian Pancasila, juga dirangkaikan dengan hari Batik Nasional.

Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, diawali pembacaan UUD 1945 kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar dan doa.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Minahasa Dr. Jemmy Kumendong, M.Si, saat membacakan sambutan Gubernur Sulawesi Utara mengatakan puji syukur kepada Tuhan karena atas anugerah dan perkenan-Nya, sehingga pada hari ini, 2 Oktober 2023 berbarengan dengan Hari Batik Nasional, kita dapat dipersatukan melalui pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

“Untuk itu, saya mengucapkan
selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila kepada seluruh Warga Negara Indonesia yang berada di Bumi Nyiur Melambai. Semoga, Pancasila akan terus menjadi penuntun bagi kita semua dalam mengisi kemerdekaan, termasuk menjaga batik warisan budaya Indonesia, serta meneruskan perjuangan bangsa menuju cita-cita, kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Selama ini, Pancasila masih menjadi pemandu seluruh bangsa Indonesia, menjadi Ideologi dan Dasar Negara Indonesia, menjadi sumber hukum dasar Nasional secara konstitusional mengatur NKRI beserta seluruh unsur-unsurnya, termasuk rakyat, wilayah, dan pemerintahan Negara.

Lanjutnya, Pancasila yang gagas oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan buat bangsa Indonesia, meski kita masih belum sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Kita akui eksistensi ke-Indonesia-an, baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila ini,” kata Kumendong.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus, karena
dasar begara kita harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Oleh karena itulah, dalam momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, saya mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Utara, untuk lebih memahami dan mentransformasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, ke dalam setiap lini kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga Pancasila akan tetap kokoh sebagai Dasar Negara, Ideologi, atau Falsafah, dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia,” jelasnya.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, saat ini kita sedang diarahkan untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk membawa Indonesia pada kemajuan.

“Kita pahami SDM unggul tidak hanya pada satu bidang tertentu, akan tetapi SDM yang unggul yaitu mampu menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam semangat proklamasi menuju tujuan nasional bangsa,” bebernya.

Diakhir sambutannya Kumendong
memberikan apresiasi, atas dukungan semua ASN dan THL dalam agenda-agenda HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara termsuk Kabupaten dan Kota. Dan saya yakin, untuk agenda-agenda ke depan, kita akan tetap saling dukung, saling topang, terus berkerja Hebat, untuk Sulut yang Lebih
Maju,”tutupnya.

Hadir dalam upacara Hari Kebangkitan Pancasila, Sekda Dr Lynda. D Watania, MM, M.Si, Forkopimda Minahasa, para Asisten dan pejabat beserta seluruh ASN di jajaran Pemkab Minahasa.(AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *