Ini 4 Program Bapelitbangda Tomohon di Tahun 2023 – 2024

Pelaksanaan Konferensi Pers bersama Bapelitbangda Tomohon

Ini 4 Program Bapelitbangda Tomohon di Tahun 2023 – 2024

Tomohon, Multiverum.com – Kepala Bapelitbangda Tomohon, Inggrid Palit SPT MM menjelaskan, ada 4 program dan 17 kegiatan yang disusun pihak kami dimana hal ini sudah diselaraskan dengan visi misi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon ke depan.

Hal ini dijelaskan Palit, dalam kegiatan Konferensi Pers yang dilaksanakan Bagian Humas dan Prokopim Setda Kota Tomohon, pada Kamis, (02/11-2023).

“Yang pertama program penunjang urusan pemerintahan daerah itu yang bersifat rutin, dan yang kedua program perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, program yang ketiga yaitu program koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dan satu program urusan penelitian dan pengembangan yaitu program penelitian dan pengembangan daerah,” terangnya.

Menurutnya, ada dua indeks yang tahun ini dikelola yaitu indeks pengelolaan keuangan daerah dan indeks inovasi daerah. Selanjutnya adalah terkait tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan kajian dan penelitian itu dilakukan oleh bidang kami dan yang terakhir yaitu inovasi-inovasi yang dilakukan di perangkat daerah yang nantinya itu menjadi inovasi di kota Tomohon.

“Mengenai dokumen perencanaan yang ada di bidang ekonomi dan SDA, dimana mitra kami adalah Dinas penanaman modal, bagian keuangan, koperasi dan UKM, dinas perdagangan perindustrian dan dinas pariwisata serta pangan pertanian serta BLH.

“Tugas kami mengkoordinasikan kemudian kami melakukan asistensi dalam penyusunan dokumen-dokumen perencanaan yang ada di perangkat-perangkat daerah tersebut, termasuk melaksanakan monitoring dan evaluasi penyusunan proses penyusunan dokumen perencanaan. Nantinya itu akan akan menyatu di dokumen besar yaitu RKPD dan untuk bidang pesda kami diberikan tugas lagi untuk menyusun RKPD untuk 2025, yang sudah akan dimulai di bulan November ini dalam bentuk menyusun rancangan awal. Nantinya di awal tahun akan dilanjutkan dengan pelaksanaan musrenbang dari tingkat kelurahan kecamatan sampai tingkat kota,” urainya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *