Pemkab Minahasa Launching Aplikasi Simakapetore Guna Lestarikan Danau Tondano

Sekda Minahasa saat membuka Rakor

Pemkab Minahasa Launching Aplikasi Simakapetore Guna Lestarikan Danau Tondano

Minahasa, Multiverum.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa (Pemkab Minahasa) melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda Watania, MM, M.Si, meluncurkan aplikasi Simakapetore serta membuka rapat koordinasi pelestarian danau Tondano, bertempat BPU Tondano, Rabu (8/11/23).

Saat membawakan sambutan Sekda menyampaikan, Danau Tondano memiliki beberapa permasalahan antara lain pendangkalan Danau Tondano, penyempitan Danau Tondano dan juga terjadi penurunan kualitas air danau. Saat ini pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai serta Pemerintah Kabupaten dan provinsi terus melakukan upaya-upaya percepatan pemulihan Danau Tondano sesuai dengan Prioritas pembangunan berdasarkan Peraturan Presiden nomor 6 Tahun 2021 tentang penyelamatan Danau prioritas nasional.

” Untuk melestarikan Danau Tondano ini perlu dilakukan penyelamatan serta mempertahankan fungsi danau berdasarkan prinsip keseimbangan ekosistem dan daya dukung lingkungan,” ucap Sekda Watania saat menyampaikan sambutan Bupati Minahasa.

Lanjutnya, RDTR adalah merupakan rencana terperinci tentang tata ruang wilayah kabupaten kota yang di lengkapi dengan peraturan zonasi kabupaten kota, ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2010 pasal 59 tentang penyelenggaraan penataan ruang menetapkan bahwa setiap RTRW kabupaten kota harus menentukan bagian dari wilayah kabupaten kota yang perlu disusun RDTR nya karena RDTR berfungsi sebagai kendali mutu pemanfaatan ruang wilayah kabupaten kota berdasarkan RT RW.

“Acuan untuk kegiatan pemanfaatan ruang yang lebih rinci dari kegiatan pemanfaatan ruang yang diatur dalam RTRW menjadi acuan bagi kegiatan pengendalian pemanfaatan ruang kemudian menjadi acuan juga bagi penerbitan izin,” tambah Sekda.

“Jadi para Camat terutama para perangkat daerah perangkat Kelurahan perangkat Kecamatan ini harus paham betul bagaimana konsep konsep perencanaan yang telah disusun oleh pemerintah Kabupaten Minahasa,” pintanya.

Dalam penjelasan Kabag Sumber Daya Alam Setdakab, Lexy Korengkeng, mengatakan
“Aplikasi Simakapetore merupakan dasboard pimpinan bertujuan agar pimpinan akan mengetahui program atau kegiatan yang dilaksanakan di kawasan danau Tondano baik dari instansi vertikal di tingkat pusat provinsi maupun Kabupaten serta di tingkat desa yang ada di pesisir danau Tondano terkait pengelolaan dan pemanfaatan danau Tondano.” (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *