Capt Remly Kandoli Salut Upaya Pemkab Mitra Tekan Stunting

Remly Kandoli saat hadir dalam kegiatan

Capt Remly Kandoli Salut Upaya Pemkab Mitra Tekan Stunting

Tomohon, Multiverum.com – Tokoh masyarakat Ratahan, Capt Remly Kandoli M Mar turut hadir dalam kegiatan penyediaan dapur stunting di desa Liwutung Dua Kecamatan Pasan.

Dalam kesempatan tersebut, Capt Remly sapaan akrabnya sangat mendukung program pemerintah dalam upaya penekanan stunting di Kabupaten Mitra.
Secara definisi, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yaitu sejak janin hingga anak usia 24 bulan.

“Untuk mencegah hal tersebut, tanpa menggurui saya meminta sebaiknya pemerintah melakukan intervensi dalam dua skema. Pertama, intervensi spesifik atau gizi dengan memberikan makanan tambahan untuk ibu hamil dan anak, suplemen gizi, pemberian tablet tambah darah, serta konsultasi. Kedua, intervensi sensitif atau non gizi seperti penyediaan sanitasi dan air yang bersih, lumbung pangan, alokasi dana desa, edukasi dan sosialisasi,” ungkapnya.

Lanjutnya, masyarakat pun wajib harus turut serta berkontribusi dengan mengubah perilaku untuk hidup sehat.
Hal ini demi untuk mendukung upaya bersama dalam mencegah terjadinya stunting dan kondisi gizi buruk pada balita.

“Saya berharap ke depan, angka stunting di Kabupaten Mitra boleh menurun,” harapnya.

Diketahui, Penjabat Bupati, Ir Ronald Sorongan didampingi langsung Ketua TP-PKK Kabupaten Mitra yang juga Bunda Paud Ir.Ellen Cumentas,ST dalam kegiatan tersebut menjelaskan, disediakannya dapur sehat stunting ini, merupakan wujud kepedulian Pemkab dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita stunting terutama keluarga kurang mampu.

“Pemerintah Kabupaten Mitra terus berupaya dalam rangka percepatan penurunan stunting selain pembentukan dapur sehat atasi stunting ini juga peningkatan pengetahuan ibu serta tentunya para kader tentang stunting,” ucap Bupati.

Turut Hadir  pada peresmian tersebut, yakni, Asisten Pemerintahan dan Kesra Jani Rolos,S.Sos,ME, Staf Ahli Bupati Novry Raco,S.Sos,MAP, kadis PMD Franky Wowos,S.Sos, Kadis Kesehatan dr.Tommy Soleman,M.Kes,Kadis P2KB dr.Helny Ratuliu,MAP, Camat Pasan beserta HT/BPD kec.Pasan.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *