Buka Assessment Center, Edwin Roring Minta Peserta Pahami 5B

Buka Assessment Center, Edwin Roring Minta Peserta Pahami 5B

Tomohon, Multiverum com – Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring SE,ME menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Assessment Center Pemerintah Kota Tomohon, di Ruang CAT BKPSDMD Tomohon, pada Rabu, (28/02/2024).

Dalam sambutannya, Roring menekankan
para peserta Assesment Center mengikuti dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan, Kita sebagai ASN harus memiliki 5B yaitu, Belajar, Berkinerja, Berkompeten, Berkolaborasi dan Beretika.

Menurutnya, maksud dari belajar yakni
lingkungan strategis sekarang menggunakan teknologi informasi itu perlu penguasaan bagi kita sebagai pejabat. Oleh sebab itu Kita harus terus belajar jangan sampai kita ketinggalan.
Jangan kita terjebak dengan kegiatan rutin, kalo kita sudah terjebak dengan kegiatan rutin Otak kita tidak akan bekerja. Namun kalau kita belajar dengan perangkat android, apapun informasi dapat kita adopsi dari perangkat android. Oleh sebab itu kita tetap harus belajar.

“Soal Berkinerja, sebagai pejabat kita harus berkinerja, agar supaya apa yang kita hasilkan ada output yang dapat dirasakan oleh organisasi maupun masyarakat. Kiranya dalam diri kita harus ada kerinduan untuk memberikan kinerja terbaik untuk pemerintah kota Tomohon.
Untuk berkompeten, Kita harus menjaga kompetensi dalam hal ini dilakukan Assesment Center agar supaya kita boleh melihat kompetensi kita. Hasil Assesment ini juga dapat dinilai oleh Pimpinan. Apa masih bisa menduduki satu jabatan,bisa dimutasi atau bisa demosi itu sesuai dengan hasil Assesment,” ungkapnya.

Lanjutnya, sama halnya dengan berkolaborasi, dalam berbagai kesempatan Walikota selalu mengingatkan pada kita semua Harus kerja Tim. Berkolaborasi menjadi harga mati.Walikota mengatakan “ Torang jangan jadi Superman, torang harus jadi Super Tim” itu yang diharapkan pak Walikota dalam kita melaksanakan tugas pokok kita.

“Untuk beretika, hal ini harus dijaga, selain Etika dalam lingkungan internal organisasi, kita juga harus beretika kepada masyarakat. Kita harus menjaga sikap dan tindakan kita karena masyarakat selalu melihat dan menilai. Etika itu sangat penting dalam kita mengembang tugas kita sebagai ASN,” pungkasnya.

Turut hadir, Ketua Himpsi Sulut (Himpunan Psikilogi Indonesia Wilayah Sulawesi Utara) Welly Thomas S.Psi., M.Psi, psikolog yang juga selaku Asesor bersama Tim, Plt. Kepala BKPSDM Kota Tomohon Albert Tulus SH, Seluruh peserta Assessment Center Lingkungan Pemerintah Kota Tomohon.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *