Minahasa Launching Program CABI Khusus Peternak Babi Skala Mikro Kecil

Minahasa Launching Program CABI Khusus Peternak Babi Skala Mikro Kecil

Minahasa, Multiverum.com – Bupati Minahasa Jemmy Stani Kumendong, M.Si hadiri Lounching Implementasi Peluncuran Program Community ASF Biosecurity Intervention (CABI) bertempat di Balai Desa Pinabetengan Kecamatan Tompaso Barat, Selasa (19/3/24).

Kegiatan ini diselenggarakan Kementerian Pertanian RI, khusus bagi peternak Babi skala mikro kecil di wilayah percontohan Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam Sambutan Penjabat Bupati Minahasa Jemmy Kumendong M.Si, menjelaskan kegiatan ini tersebut merupakan bagian dari upaya untuk membuat para peternak mampu beternak dengan baik.

Adapun tujuan pelaksanaan program CABI yaitu melatih peternak babi skala mikro kecil agar memiliki pengetahuan dan wawasan beternak babi pasca virus ASF, dan untuk mendapatkan hasil produksi ternak babi dalam menerapkan Biosecurity.

Sementara Kepala Balai Besar Maros Drh. H. Agustia, M.P menyampaikan, “target kami dengan adanya program CABI ini bisa merubah cara beternak babi bagi para peternak dalam rangka kita bisa mengantisipasi penyakit ASF. Semoga para peternak babi di Kabupaten Minahasa dapat kembali berkembang dengan hasil yang maksimal tanpa ASF.

Turut hadir, Direktur kesehatan hewan diwakili ketua kelompok substansi perlindungan hewan, Drh. Ira Firgorita, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Drh. H. Agustia, M.P, Perwakilan FAQ untuk Indonesia dan timur Leste Rajendra Aryal, Kepala Dinas Pertanian Minahasa Dr. Ir. Margaretha Ratulangi, MAP, Camat Tompaso Barat, Stevri V. Pandey, ST, MAP, Hukum Tua Pinabetengan Elsye Tandaju, Para Peserta. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *