Raih Opini WTP Ke 11 Secara Berurut, Caroll Senduk Apresiasi Pendampingan BPKP dan BPK RI

Walikota Tomohon didampingi Ketua DPRD saat menerima Opini WTP ke 11

Raih Opini WTP Ke 11 Secara Berurut, Caroll Senduk Apresiasi Pendampingan BPKP dan BPK RI

Tomohon, Multiverum.com – Prestasi membanggakan kembali diukir Pemerintah Kota Tomohon di bawah pimpinan Walikota Tomohon, Caroll J A Senduk SH, setelah pada Selasa, (08/05-2024) tadi pagi, menerima Laporan Hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2023 Kabupaten/Kota di provinsi Sulawesi Utara, di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Rabu, (8/5/2024).

Diketahui Pemerintah Kota Tomohon mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kesebelas berturut-turut Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2023.

Dalam sambutannya, Kepala perwakilan BPK RI perwakilan Provinsi Sulawesi Utara DR. Arief Fadillah, SE, MM mengatakan,
Pemeriksaan atas laporan keuangan adalah bagian dari tugas konstitusional BPK, dimana penyerahan LHP ini merupakan rangkaian akhir dari proses Pemeriksaan.

Pasal 17 Undang-undang Nomor 15 Tahun 2004 mengamanatkan kepada BPK untuk menyerahkan LHP kepada lembaga perwakilan, dan pimpinan entitas sesuai dengan kewenangannya. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dan Kota Tomohon beserta jajarannya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan. Capaian ini tidak terlepas dari sinergi yang efektif dari seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dalam pelaksanaan fungsi pengawasan,” jelasnya

Lanjutnya, Kami berharap pada tahun 2024 ini, Pemerintah Daerah dapat terus meningkatkan capaian indikator kesejahteraan rakyat, perolehan Opini “Wajar tanpa pengecualian” akan sia-sia jika kesejahteraan rakyat belum tercapai.

Sementara itu, Walikota Tomohon dalam kesempatan tersebut menjelaskan, hal ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi pemerintah Kota Tomohon, karena telah menerima kesebelas kalinya berturut-turut mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tomohon Tahun Anggaran 2023 Ini wujud komitmen Pemerintah sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga kita bisa mendapat opini WTP kesebelas kalinya berturut-turut Kegiatan Penyerahan Serentak LHP atas LKPD Kabupaten Kota Se-Provinsi Sulawesi Utara. Kami Pemerintah kota Tomohon mengucapkan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sulut atas Sinergitas yang telah terwujud selama pemeriksaan yang dilakukan juga kami memberikan Apresiasi kepada BPKP Perwakilan Sulut yang telah mendampingi Pemerintah kota Tomohon dalam Penyusunan LKPD, dan seluruh Jajaran Pemkot yang telah berkontribusi sehingga boleh memperoleh Opini WTP kesebelas kali berturut-turut,” urai Senduk.

Di sisi lain, Ketua DPRD Kota Tomohon Ketua DPRD kota Tomohon Djemmy Sundah, SE yang turut mendampingi Walikota Tomohon mengungkapkan,
Kami patut mengucapkan Terima kasih kepada kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara bersama jajaran, atas pelaksanaan pemeriksaan di kota Tomohon. Semoga hasil pemeriksaan ini dapat menjadi motivasi bagi kami jajaran pemerintahan kota Tomohon, baik Pemerintah Daerah maupun DPRD, agar kedepannya lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah.

-“Kami pun akan bekerja sama dalam menindaklanjuti dan melakukan pemantauan serta pengawasan atas catatan dan rekomendasi yang diberikan oleh BPK” terangnya.

Turut hadir, Bupati Minahasa Selatan Frangky D. Wongkar, SH,, Pelaksana Tugas Ketua DPRD kab. minahasa selatan Stefanus Lumowa, SE,Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring , SE, ME Bersama seluruh jajaran pemerintah kota Tomohon, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Selatan Glady Kawatu, SH, MSi Bersama seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *