Usai Dilaunching Walikota, Tomohon Kini Resmi Miliki Rumah Perlindungan Masyarakat Cinta Sesama

Walikota saat melaunching Rumah Perlindungan Masyarakat Cinta Sesama

Usai Dilaunching Walikota, Tomohon Kini Resmi Miliki Rumah Perlindungan Masyarakat Cinta Sesama

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH melaunching Rumah Singgah atau Rumah Perlindungan Masyarakat Cinta Sesama, di area RSUD Anugerah Kota Tomohon, pada (08/05-2024).

Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH dalam sambutannya menjelaskan, semoga rumah perlindungan ini bisa menjadi berkat bagi sesama kita yang sedang mengalami masalah dan tak punya tempat untuk berlindung.

“Rumah perlindungan ini dikhususkan bagi warga ODGJ yang sudah sembuh namun tak lagi diterima dengan baik oleh keluarganya, termasuk bagi korban kekerasan dalam rumah tangga, korban kekerasan seksual yang benar benar membutuhkan tempat untuk berlindung,” jelas Walikota.

Lanjutnya, Kami tentu sangat peduli dengan keadaan saudara saudara kita ini termasuk bagi warga yang ditelantarkan oleh keluarganya. Ini sudah menjadi komitmen pemerintah, dimana sesuai dalam UUD 1945, Ketentuan Pasal 34 ayat 1, berbunyi fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Merujuk bunyi Pasal 34 ayat 1 tersebut, singkatnya UUD mengatur tanggung jawab negara dalam memelihara fakir miskin guna memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kemanusiaan.

Sementara itu, Kadis Perlindungan Ibu dan Anak Kota Tomohon, dr Olga Karinda menjelaskan, kegiatan ini juga dirangkaikan atau dikaitkan dengan Penguatan Kapasitas Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak, untuk Tomohon Kota Layak Anak dan Ramah Gender dan untuk mengatasi masalah kekerasan terhadap anak di tiap kelurahan, yang ada di Kota Tomohon, termasuk kasus seksual, kekerasan dalam rumah tangga kasus-kasus pembiaran penelantaran.

“Ada 3 Dinas yang bertanggung jawab dalam Rumah Perlindungan ini yakni Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan, Dinas Sosial dan Dinkes Kota Tomohon didukung tentu oleh pihak RSUD Anugerah Kota Tomohon,” pungkasnya.

Turut hadir, Ketua TP PKK Kota Tomohon, drg Jeand’arc Senduk Karundeng, Direktur RSUD Kota Tomohon, Dr Irene Pandeirot M Kes, Kadis Kominfo, Novi Politon, dan para Camat dan Lurah.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *