Balai Bahasa Sulut  Gelar Bimtek Revitalisasi Bahasa Daerah Minahasa Dialek Tountemboan

Balai Bahasa Sulut Gelar Bimtek Revitalisasi Bahasa Daerah Minahasa Dialek Tountemboan

Minahasa, Multiverum.com -Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi Pengajar Utama dalam Revitalisasi Bahasa Daerah Minahasa, khususnya dialek Tountemboan. Acara ini diadakan di Yama Resort Tondano mulai tanggal 13 hingga 16 Mei 2024.

Sebanyak 115 guru dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) turut serta dalam kegiatan nanti. Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara Januar Pribadi, S.IP., M.M., melalui ketua panitia pelaksana, Aditya Kurniawan, S.Hum., menyatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian guru-guru dalam mengajar bahasa daerah Minahasa, terutama dialek Tountemboan.

Guru-guru yang akan dibekali model pengajaran bahasa daerah kemudian akan mengimbaskan kepada siswa di sekolahnya masing-masing sehingga akan ada banyak siswa yang mempelajari bahasa daerah.

Pemateri yang turut serta dalam kegiatan ini berasal dari pakar dan budayawan Minahasa Tountemboan. Mereka menyajikan materi-materi yang mendalam dan aplikatif guna mendukung upaya revitalisasi bahasa daerah di wilayah Minahasa.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa, Tommy Wuwungan, S.Pd., MM., kegiatan ini sangat penting untuk melestarikan warisan budaya berupa bahasa daerah. Dengan pemahaman dan pengajaran yang lebih baik, diharapkan generasi muda dapat tetap menghargai dan menggunakan bahasa daerah sebagai bagian dari identitas budaya kita.

Semangat dalam melestarikan bahasa daerah Minahasa, terutama dialek Tountemboan, menjadi fokus utama dalam kegiatan bimbingan teknis ini. “Diharapkan, hasil dari kegiatan ini akan terlihat dalam peningkatan pemahaman dan penguasaan bahasa daerah di kalangan generasi muda di Minahasa”. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *