Seriusi Masalah Stunting ,Pemkab Minahasa Bentuk Tim dan Konsolidasi Audit Kasus Stunting Tahun 2024

Seriusi Masalah Stunting ,Pemkab Minahasa Bentuk Tim dan Konsolidasi Audit Kasus Stunting Tahun 2024

Minahasa, Multiverum.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, Dr. Lynda Watania MM, M.Si, secara resmi membuka dan menandatangani berita acara kegiatan Pembentukan Tim dan Konsolidasi Audit Kasus Stunting (AKS) tahun 2024.
Acara ini diselenggarakan di Aula Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Minahasa. Rabu (22/5/24).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas PPKB Minahasa, Dra. Meitha Aguw, serta para kepala Puskesmas dari seluruh Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutan Sekda Minahasa Dr. Lynda Watania menekankan pentingnya upaya bersama dalam mengatasi masalah stunting yang masih menjadi tantangan besar di Kabupaten Minahasa.

“Stunting bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga masalah masa depan generasi kita. Dengan adanya tim audit ini, diharapkan kita dapat mengidentifikasi penyebab utama dan menemukan solusi yang tepat guna mengurangi angka stunting di Minahasa,” ujar Dr. Lynda Watania.

Beliau juga menggarisbawahi perlunya kerjasama lintas sektoral antara pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat dalam menangani masalah ini. Penandatanganan berita acara menandai komitmen bersama untuk menjalankan program ini dengan sungguh-sungguh dan berkelanjutan.

Kepala Dinas PPKB, Dra. Meitha Aguw, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal dari rangkaian program yang telah direncanakan untuk tahun 2024. “Kami berharap, dengan adanya tim audit yang solid dan terkoordinasi, kita dapat melakukan intervensi yang lebih efektif dalam upaya pencegahan dan penanganan kasus stunting di Minahasa,” ujarnya.

Para kepala Puskesmas yang hadir juga memberikan dukungan penuh dan siap bekerja sama dalam melaksanakan audit serta intervensi yang diperlukan di lapangan. Mereka menyampaikan berbagai pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam upaya penanganan stunting di wilayah masing-masing.

Dengan dimulainya program ini, diharapkan dapat terjadi penurunan signifikan angka stunting di Kabupaten Minahasa. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *