Dibuka Presiden RI, Caroll Senduk Apresiasi APEKSI di Balikpapan jadi Visi Kota dalam Berbangsa dan Bernegara

Dibuka Presiden RI, Caroll Senduk Apresiasi APEKSI di Balikpapan jadi Visi Kota dalam Berbangsa dan Bernegara

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon, Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, S.E., M.E. dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Drs. O. D. S. Mandagi, M.A.P. serta segenap Jajaran Pemerintah Kota Tomohon menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024, di BSCC Dome Balikpapan, pada Selasa (04/05-2024).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo saat membuka Rakernas XVII Apeksi 2024 menjelaskan, saya mungkin ingin agak banyak menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kota, karena ya dikit-dikit saya punya pengalaman dua periode jadi wali kota. Yang kita tahu tahun 1900 itu kota populasinya baru 10 persen. Kemudian tahun 2000-an populasi kota sudah 50 persen dari total penduduk dunia. Tahun 2050 diperkirakan sudah 70 persen dari populasi yang ada. Di Indonesia sendiri, di tahun 2010 itu kota populasinya sudah 49,7 persen. Tahun 2020 sudah 56,7 persen, diperkirakan nanti di tahun 2045-2050 sudah mencapai 70 persen.

“Oleh sebab itu, yang namanya desain kota, perencanaan besar, strategi besarnya harus disiapkan dari sekarang. Semua kota harus memiliki rencana besar kotanya masing-masing. Sering saya sampaikan mestinya setiap kota itu punya perbedaan-perbedaan, karena unggulannya semuanya memiliki. Dan, kita tahu kota-kota di Indonesia tidak ada yang spesifik memiliki kekuatan dan diferensiasi dibanding kota-kota, perbedaan-perbedaan dengan kota-kota lainnya. Sehingga, saya titip yang pertama desain arsitektur kota itu semua kota harus memiliki, tetapi lebih detail lagi harus ada detail engineering-nya. Sehingga jelas ini kota ini nanti 2050 akan menjadi kota apa, karena sebetulnya keunggulan-keunggulan kuat itu akan nanti memunculkan karakter kota itu dibawa ke mana,” urainya.

Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH mengatakan, kami memberikan apresiasi kepada penyelenggara Rakernas XVII Apeksi Tahun 2024 di Kota Balikpapan. Suatu kehormatan bagi kami bis hadir di kota yang indah ini.

“Diharapkan Apeksi akan meningkatkan kolaborasi dan sinergi bagi kota- kota yang ada di tanah air. Semoga berbagai permasalahan perkotaan akan dibahas bersama untuk dicarikan solusinya termasuk menyamakan visi kota dalam berbangsa dan bernegara,” terangnya.

Tampil membawakan materi dalam kegiatan, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementrian Keuangan, Dr. Luky Alfirman, S.T., M.A., Kepala LKPP pusat Hendrar Priadi.

Turut hadir dalam kegiatan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ketua Dewan Pengurus Apeksi/Walikota Surabaya Eri Cahyadi, S.T., M.T., Tuan rumah/Walikota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, S.E., M.E. beserta seluruh Walikota Se- Indonesia.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *