Walikota Minta Maknai Jumat Agung dan Paskah dengan Menghargai Umat Muslim yang sedang Berpuasa

Walikota bersama Kapolres saat cek kesiapan pasukan dalam apel

Walikota Minta Maknai Jumat Agung dan Paskah dengan Menghargai Umat Muslim yang sedang Berpuasa

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon, Caroll Senduk SH bersama Wakil Walikota Tomohon, Wenny Lumentut SE meminta kepada masyarakat, agar mari secara bersama sama menyambut dan memaknai hari Jumat Agung dan Perayaan Paskah dengan kesederhanaan dan khusyuk. Hal ini untuk memaknai pengorbanan Tuhan Yesus di Kayu Salib, dimana Jumat Agung merupakan hari suci kita sebagai umat Kristiani untuk memperingati penyaliban Yesus dan kematian-Nya di Kalvari, dan proses kebangkitan Sang Juru Selamat di hari Paskah.

Hal ini ditegaskan Walikota dan Wakil Walikota dalam Apel kesiapan dalam rangka Pengamanan Perayaan Jumat Agung dan Paskah, di Mapolres Tomohon, pada Kamis (14/04-2022), yang dihadiri Kapolres Kota Tomohon, AKBP Arian Colibrito, SIK, MH, Kajari Tomohon, Alfonsius Gebhard Loe Mau, SH, MH, Danramil 1302-06/Tomohon Kapten Inf. Djuris Sahese, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon dan jajaran Polres Tomohon lainnya.

“Perayaan ibadah jumat agung dan paskah secara universal dilaksanakan umat kristiani dalam memperingati kematian dan kebangkitan kristus, diharapkan dapat terselenggara dengan aman, tertib, lancar dan tetap menjaga protokol kesehatan. Selanjutnya, menjadi tugas kita bersama untuk mengantisipasi terjadinya ancaman, kekacauan, kecelakaan lalu lintas, serta upaya pencegahan penyebaran covid-19 di kota tomohon,” ungkap Walikota.

Lanjutnya, kita tahu bersama, bahwa dibulan ini pula, saudara-saudara kita, umat muslim sedang melaksanakan ibadah puasa. Maka dari itu, mari tunjukkanlah  sinergitas yang tinggi untuk saling menghargai, menghormati dan menjaga keharmonisan hidup, dalam menunaikan kegiatan ibadah keagamaan masing-masing.

“Khusus untuk peringatan jumat agung dan perayaan paskah tahun ini, pengamanan akan dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 14 april sampai dengan 18 april 2022. Maka dari itu, mari kita memperhatikan hal-hal seperti, meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi kemungkinan terjadinya kekacauan dan kriminalitas, melakukan deteksi dini serta pemetaan terhadap lokasi dan kegiatan yang dapat menimbulkan potensi gangguan kamtibmas,” urainya.

Ditambahkannya, kami percaya, kerja keras  dan doa kita semua, akan mewujudkan kota tomohon yang aman, tertib dan damai. Kesempatan ini saya menyampaikan selamat bertugas bagi seluruh satuan gugus tugas/kelompok keamanan yang akan berperan aktif dalam kegiatan pengamanan ini.

“Kami juga tidak lupa mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim, dan bagi umat kristiani, selamat menghayati jumat agung serta selamat merayakan paskah,” terangnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *