Komisi IV DPR RI Harapkan Tomohon Bisa Ekspor Bunga Krisan Sampai Ke Luar Negeri

Walikota saat mendampingi kunjungan Komisi IV DPR RI

Komisi IV DPR RI Harapkan Tomohon Bisa Ekspor Bunga Krisan Sampai Ke Luar Negeri

Tomohon, Multiverum.com – Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH menerima Kunjungan Kerja Komisi IV DPR-RI di Show Window Tomohon, yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPR-RI, Sudin, S.E. bersama dengan beberapa Anggota Komisi IV DPR-RI dalam rangka Pengembangan Agribisnis Krisan Tomohon Menuju Ekspor, pada Senin (10/10-2022).

Walikota Tomohon dan Ketua Komisi IV DPR-RI bersama rombongan pun meninjau tempat pembudidayaan tanaman Krisan di Rumah Lindung Tanaman Krisan di show window, yang kemudian dilanjutkan dengan dialog serta tanya jawab dengan para petani bunga Se- Kota Tomohon.

Usai dialog bersama para petani, Ketua Komisi IV DPR RI, Sujin SE menjelaskan,
kota Tomohon sangat baik dalam pemanfaatan tanaman Krisan dan bermanfaat bagi perekonomian masyarakat Kota Tomohon

“Diharapkan semoga Kota Tomohon dapat mengekspor tanaman Krisan bukan hanya di dalam negeri tapi sukses mengekspor sampai keluar negeri,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Tomohon dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Kerja dari Komisi IV DPR-RI di kota Tomohon ini. Bunga krisan telah memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Tomohon.

“Produksi krisan tahun 2021 mencapai hampir 5 juta tangkai per tahun dengan nilai jual per tangkai bunga mencapai Rp. 3.500 untuk tingkat petani dan Rp. 10.000 di tingkat florist. Hal ini memberikan nilai kesejahteraan kepada petani krisan di Tomohon. Ini menunjang pengembangan kawasan florikultura Tomohon mempunyai ajang internasional yaitu Tomohon Intenational Flower Festival yang menjadi ajang promosi Tomohon sebagai Kota Bunga sekaligus untuk meningkatkan taraf hidup petani bunga, karena potensi bunga merupakan salah satu potensi andalan Kota Tomohon,” jelasnya.

Lanjutnya, saat ini yang menjadi target Pemerintah Kota Tomohon adalah ekspor krisan, dan untuk jadwal terdekat rencananya negara Singapura dan Jepang menjadi target ekspor pertama. Rencana ekspor sebanyak 200.000 tangkai krisan per bulan.

Turut hadir juga Irjen Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr. Jan Maringka, S.H., M.H., Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc., Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Prof. Dr. Ir. Fadjri Djufry, M.Si., Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si., Kepala Balai Penelitian Hias Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. Muhammad Thamrin, M.Si. dan rombongan lainnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *