Disnaker Tomohon Siapkan Pekerja Migran ke Jepang

Konferensi Pers bersama pihak Disnaker Tomohon dan Bagian Kesra Setda Kota Tomohon

Disnaker Tomohon Siapkan Pekerja Migran ke Jepang

Tomohon, Multivedum.com – Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker Tomohon) , Jerry Pangemanan mengungkapkan, di tahun 2023 ini pihaknya tengah menggodok dan menyiapkan tenaga kerja migran untuk bekerja di Jepang.

“Kami sedang melaksanakan program penempatan calon pekerja migran yang nantinya akan ditempatkan di Jepang dan kita bekerja sama dengan LPK. Saat ini sudah dalam langkah pelatihan bahasa dalam rangka persiapan untuk penempatan calon pekerja migrannya ke Jepang. Kemudian juga dalam program pengembangan kapasitas kami bekerja sama dengan LPK,” ungkapnya dalam konferensi pers bersama awak media, yang difasilitasi Bagian Prokopim Setda Kota Tomohon, pada Kamis (31/08-2023).

Lanjutnya, selain melaksanakan pelatihan dan pengembangan melalui jalur magang, ada 5 orang yang sudah sementara di proses ke Jepang. Kami juga melaksanakan tugas pemerintah dalam kesejahteraan pekerja rentan dan untuk kota Tomohon di anggarkan ada 17.000 orang peserta pekerja rentan yang dibiayai melalui APBD kota Tomohon.

“Kami juga memberikan rekomendasi terhadap permohonan pekerja migran yang nantinya juga datanya kami akan sampaikan berapa orang yang telah mengikuti kegiatan tersebut. Mengenai   informasi untuk kepesertaan BPJS ketenagakerjaan di kota Tomohon yang dibiayai oleh APBD untuk Linmas, 768 peserta, untuk perangkat kelurahan 796 peserta, tenaga kontrak tenaga harian lepas, 1743 peserta, pekerja rentan non upah ada 17.000,” pungkasnya.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *