Ratusan Personil Polres Bitung Siap Amankan Pemilu 2024

Kabag Ops AKP Sandi Putra, SIK M.Si saat diwawancarai media

Ratusan Personil Polres Bitung Siap Amankan Pemilu 2024

Bitung, Multiverum.com – Dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Polres Bitung siapkan pasukan Operasi Mantap Brata.

Kapolres Bitung, AKBP Tommy Bambang Souissa, SIK melalui Kabag Ops AKP Sandi Putra, SIK M.Si, CPHR, mengatakan Polres Bitung telah mempersiapkan ratusan personil untuk pengamanan Pemilu 2024 serentak khususnya di Kota Bitung yang tinggal 31 hari lagi.

“Sesuai arahan Bapak Kapolres Bitung, kami telah menyiapkan pasukan pengamanan Mantap Brata. 31 hari jelang pencoblosan kami sudah menyiapkan pengamanan BKO dari Satuan Brimob sebanyak 60 personil, Samapta 30 personil, Serta 202 Personil Polres Bitung,” ujar Kabag Ops AKP Sandi.

Lebih lanjut dijelaskan, pengamanan ini dikhususkan dengan komposisi, yaitu tempat pencoblosan kurang rawan, rawan dan sangat rawan serta TPS khusus.

” Sebanyak 202 personil Polres Bitung akan melakukan pengaman di Tps-Tps pada H-1 hari pencoblosan. Dan mulai tanggal 11 sudah melaksanakan persiapan pengamanan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan pengamanan di Gudang KPU Kota Bitung itu ada 11 personil, juga di Kantor Bawaslu Bitung masing masing 5 personil.

“Selain itu, jumlah komposisi personil Polres Bitung yakni berjumlah 426 personil ini masi berada di Polres Bitung dan di Polsek jajaran,” ucap AKP Sandi sembari menjelaskan bahwa dalam operasi Mantap Brata Polres Bitung sudah mengatur waktu per 6 jam dalam pengamanan masing masing personil.

“Sehingga dalam satu hari masing masing grup atau shift mendapatkan bagian atau tugas yang sama,”.

Dalam tahapan pemilu, kesejahteraan para personil terkait pengamanan Mantap Brata Polres Bitung ini, AKP Sandi menjelaskan bahwa semua pembagian uang saku dibagi langsung di lapangan secara transparan.

“Berdasarkan perintah Pak Kapolres, untuk pembagian uang saku kepada personil tidak boleh dilaksanakan di ruangan, harus di lapangan,” tegasnya.

Lebih detail lagi, kami menyiapkan meja dan kursi di lapangan serta tidak ada bahasanya sembunyi-sembunyi dan wajib transparan tentang pembagian uang saku kepada personil pengamanan.

“Sebagaimana Sprint yang diberikan kepada personil untuk pengamanan, kami telah membagi ful, juga kepada personil yang terlibat. Kami bagi sesuai dengan anggaran dan kami lakukan secara transparan,” tutupnya. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *