Lomba Masak Nasi Goreng dan Merangkai Bunga Pemkot Tomohon, Juri : Masakan Peserta Banyak yang “Bagarang”

Lomba Masak Nasi Goreng dan Merangkai Bunga Pemkot Tomohon, Juri : Masakan Peserta Banyak yang “Bagarang”

Tomohon, Multiverum com – Bagian Perekonomian Setda Pemkot Tomohon berhasil keluar sebagai jawara dalam lomba merangkai bunga, yang dilaksanakan Pemkot Tomohon dalam rangka memeriahkan HUT Kota Tomohon yang ke 21, yang digelar di Aula Anugerah Hall, Selasa Rabu (24/01-2024).

Juri lomba merangkai bunga, Ketua TP PKK Tomohon, drg Jeand’arc Senduk Karundeng usai menilai lomba akhirnya memutuskan beberapa nominasi bagi seluruh peserta yang mengikuti lomba.

“Dari hasil penilaian, akhirnya kami bisa memutuskan para pemenangnya. Untuk juara ketiga merangkai bunga dengan poin 1530, diraih peserta nomor 4 dari Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon. Untuk Juara dua dengan jumlah nilai 1560, jatuh ke nomor urut 9, yakni Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tomohon. Dan untuk juara pertama, diraih Bagian Perekonomian Setda Pemkot Tomohon dengan nomor urut 16, dengan jumlah nilai 1585,” ungkapnya.

Sementara itu, para juri lomba memasak nasi goreng menghadirkan Chef Bambang dan Chef Alfi dari Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI). Dikatakan Chef Alfi, memasak nasi goreng cukup mudah namun sulit, berhubung nasi goreng termasuk makanan Sepinggan.
Dari tekstur nasi yang di masak tidak lembek, kriteria nya yang terhambur
pakai bumbu kampung supaya otentik.

“Dalam penilaian banyak hasil masakan nasi goreng para peserta pada umumnya kelebihan garam atau bagarang bahasa Manado nya. Ini harus diperhatikan, berhubung masakan ini dinilai dari racikan bumbu yang dipakai, tingkat kesulitan, dan penggunaan nasi atau beras itu yang memang menentukan,” terangnya.

Chef Bambang akhirnya mengumumkan para pemenang, dimana keluar sebagai juara 3 memperoleh nilai 260 poin, dimana hal ini direbut peserta nomor urut 9, yakni Dinas Kesehatan Kota Tomohon. Sementara juara 2 diraih BPKPD Tomohon dengan nilai 263, dan juara 1 diraih Dinas Pariwisata Kota Tomohon dengan jumlah nilai 272.

“Para juara dalam masakan ini dinilai dari hasil pletingan dan rasa. Untuk jawara satu berhasil memperkaya rasa dengan menambahkan udang dan cumi, serta rempahnya yang menopang sangat terasa,” pungkasnya.

Walikota Tomohon, Caroll JA Senduk SH yang turut hadir menjelaskan, beberapa hari ini kita telah memulai seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kota Tomohon ke 21. Diharapkan seluruh jajaran agar terus ikut memberi sumbangsih dalam pelaksanaan semua kegiatan, hingga acara puncaknya yang jatuh pada tanggal 29 Juli nanti.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *