TIFF 2024, 35 Poktan Binaan Pemkot Tomohon Targetkan 462.350 Tangkai Krisan

Karel Lala didampingi Sylvia Mawuntu

TIFF 2024, 35 Poktan Binaan Pemkot Tomohon Targetkan 462.350 Tangkai Krisan

Tomohon, Multiverum.com – Kadis Pertanian Kota Tomohon, Karel Lala menjelaskan, untuk pelaksanaan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF 2024) di bulan Agustus nanti, 35 Kelompok Tani (Poktan) binaan Pemerintah Kota Tomohon ditargetkan akan menghasilkan sekitar 462.350 tangkai bunga Krisan.

Hal ini dijelaskan Karel dalam konferensi pers yang diselenggarakan Bagian Prokopim Setda Kota Tomohon, pada Kamis, (20/06-2024).

“Dari 462.350 tangkai bunga tersebut sudah terdiri dari beberapa macam Krisan seperti Krisan White dan Yellow. Ini yang sementara ditanam oleh 35 Poktan binaan tersebut,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk menunjang hasilnya menjadi maksimal hal ini sudah melalui pemeriksaan laboratorium yang masuk dalam mother plane dinas kami. Jadi ada kurang lebih 800 mother plane yang sudah dihasilkan dari laboratorium kultur jaringan yang nantinya dalam setiap 2 minggu sampai 3 minggu itu paling kurang dipanen 2000 sampai 2500. Jadi itu nanti akan berkembang sebentar sehingga hasil daripada kultur jaringan ini merupakan produk dari kota Tomohon.

“Kalau memang lalu budidayanya di sini tetapi masih banyak juga terkait dengan varietas-varietas bunga lain yang kami dapatkan dari balai penelitian tanaman hias. Untuk varietas bunga lain, ada sekitar 1724 varietas yang masuk dan yang dikembangkan di Tomohon. Memang paling tinggi 30 varietas karena sesuai dengan selera pembeli dan selera juga petani untuk menanam, dari segi warna dan dari segi bunga serta dari segi ketahanan, karena pada setiap varietas punya ketahanan sendiri,” urainya.

Tampil sebagai moderator, Kasubag Pemkot Tomohon, Sylvia Mawuntu.(nox)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *